Wednesday, 8 May 2024
HomeEkonomiSiap-Siap! Adhi Karya Pertimbangkan Bangun LRT Bogor-Cibubur

Siap-Siap! Adhi Karya Pertimbangkan Bangun LRT Bogor-Cibubur

Bogordaily.netKabar menggembirakan datang dari PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Pasalnya, perusahaan konstruksi milik negara itu sedang mengupayakan untuk mengerjakan proyek Light Rail Transit (LRT) rute .

“Saat ini kami baru mengerjakan 3 dari 6 lintas pelayanan tersebut. Sedangkan sisa 3 lagi akan sesuai penugasan,” kata Direktur Operasi II Adhi Karya Pundjung Setya Brata pada Rabu 17 November 2021 dikutip dari Bisnis Indonesia.

Merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 49 tahun 2017 ada 6 lintas pelayanan yang harus dibangun. Saat ini, sudah ada 3 lintas yang dikerjakan dan hampir rampung antara lain lintas Cibubur-Cawang, Cawang-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi Timur.

Per November 2021, jalur Cawang – Cibubur telah rampung 94 persen, sementara jalur Cawang – Kuningan – Dukuh Atas telah rampung 88,2 persen, dan jalur Cawang – Bekasi rampung 92,5 persen.

Selain itu, depo kereta di Bekasi pun sudah selesai 59,5 persen. Saat ini perseroan fokus penyelesaian depo serta akses ke stasiun. Adapun, U-Shaped Girder telah terpasang 100 persen.

Adapun, 3 jalur lain yang harus dibangun adalah Dukuh Atas–Palmerah Senayan, Cibubur–Bogor, dan Palmerah–Grogol

Pundjung mengatakan, antusiasme masyarakat untuk pembangunan selanjutnya terpantau cenderung pada lintas Cibubur-Bogor. Sebab, jalur itu dinilai dapat meningkatkan efisiensi mobilitas warga menuju tengah kota.

Saat ini rencana itu masih dibahas di Kementerian Perhubungan. Jika direalisasikan, jalur itu akan berjarak 25 kilometer sehingga membutuhkan dana yang besar.

“Kami menunggu dari pemerintah untuk langkah selanjutnya sambil juga kami mencari cara untuk membangun secara lebih bagus dan sesuai dengan keinginan masyarakat. Kami tahun ini dan tahun depan masih fokus ke Jabodebek,” tutur Pundjung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here