Siap-Siap! Adhi Karya Pertimbangkan Bangun LRT Bogor-Cibubur

Menu

Mode Gelap
Sekolah SMPN 16 Kota Bogor Digondol Maling, Kerugian Capai Rp 15 juta Siap-siap, Uji Coba Kelas BPJS Kesehatan Dihapus Besok Diisukan Hamil Anak Jay Park, Ini Tanggapan Jessi SuaraPemerintah.ID dan TRAS N CO Indonesia Berikan Penghargaan Istimewa untuk BPR Korea Utara Beberkan AS-Korsel-Jepang Mulai Membentuk “NATO Versi Asia”

Ekonomi · 18 Nov 2021 11:10 WIB

Siap-Siap! Adhi Karya Pertimbangkan Bangun LRT Bogor-Cibubur


 LRT tabrakan di kawasan Munjul, Cibubur, Jakarta Timur saat uji coba. (Istimewa/Bogordaily.net) Perbesar

LRT tabrakan di kawasan Munjul, Cibubur, Jakarta Timur saat uji coba. (Istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.netKabar menggembirakan datang dari PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Pasalnya, perusahaan konstruksi milik negara itu sedang mengupayakan untuk mengerjakan proyek Light Rail Transit (LRT) rute Bogor-Cibubur.

“Saat ini kami baru mengerjakan 3 dari 6 lintas pelayanan tersebut. Sedangkan sisa 3 lagi akan sesuai penugasan,” kata Direktur Operasi II Adhi Karya Pundjung Setya Brata pada Rabu 17 November 2021 dikutip dari Bisnis Indonesia.

Merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 49 tahun 2017 ada 6 lintas pelayanan LRT yang harus dibangun. Saat ini, sudah ada 3 lintas yang dikerjakan dan hampir rampung antara lain lintas Cibubur-Cawang, Cawang-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi Timur.

Per November 2021, LRT jalur Cawang – Cibubur telah rampung 94 persen, sementara jalur Cawang – Kuningan – Dukuh Atas telah rampung 88,2 persen, dan jalur Cawang – Bekasi rampung 92,5 persen.

Selain itu, depo kereta di Bekasi pun sudah selesai 59,5 persen. Saat ini perseroan fokus penyelesaian depo serta akses ke stasiun. Adapun, U-Shaped Girder telah terpasang 100 persen.

Adapun, 3 jalur lain yang harus dibangun adalah Dukuh Atas–Palmerah Senayan, Cibubur–Bogor, dan Palmerah–Grogol

Pundjung mengatakan, antusiasme masyarakat untuk pembangunan selanjutnya terpantau cenderung pada lintas Cibubur-Bogor. Sebab, jalur itu dinilai dapat meningkatkan efisiensi mobilitas warga menuju tengah kota.

Saat ini rencana itu masih dibahas di Kementerian Perhubungan. Jika direalisasikan, jalur itu akan berjarak 25 kilometer sehingga membutuhkan dana yang besar.

“Kami menunggu dari pemerintah untuk langkah selanjutnya sambil juga kami mencari cara untuk membangun secara lebih bagus dan sesuai dengan keinginan masyarakat. Kami tahun ini dan tahun depan masih fokus ke LRT Jabodebek,” tutur Pundjung.

Artikel ini telah dibaca 247 kali

Baca Lainnya

Unand Siap Cetak 100 Ribu Pelaku Usaha, Dukung Penciptaan Sejuta Wirausaha Mapan

1 Juli 2022 - 18:22 WIB

pelaku usaha baru

Terbitkan Green Bond, BRI Ajak Masyarakat Berinvestasi Sekaligus Selamatkan Bumi

1 Juli 2022 - 15:18 WIB

Inflasi Juni 2022 Tertinggi Selama 5 Tahun Terakhir

1 Juli 2022 - 12:36 WIB

Harga Emas Antam Kembali Turun, Berikut Daftar Harga Emas 1 Juli 2022

1 Juli 2022 - 10:35 WIB

harga emas kembali turun

Dicurhati Petani, Menteri Teten Siap Dukung Pembangunan Pabrik Olahan Kelapa Sawit

1 Juli 2022 - 10:22 WIB

Motor Belum Wajib Daftar Kendaraan di Situs MyPertamina, Bebas Beli Pertalite

1 Juli 2022 - 07:46 WIB

Trending di Ekonomi