Saturday, 20 April 2024
HomeTravellingDuh, Kunjungan Wisman ke Indonesia Diprediksi Belum Pulih Sampai 3 Tahun ke...

Duh, Kunjungan Wisman ke Indonesia Diprediksi Belum Pulih Sampai 3 Tahun ke Depan

Bogordaily.net – Kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman ke diperkirakan belum bisa kembali normal dalam waktu 2-3 tahun ke depan.

Ketua (GIPI) Didien Junaedy mengaku pesimis kalau para turis luar negeri akan langsung berbondong-bondong datang ke meski tren penularan Covid-19 telah menurun.

“Saya pesimis dalam 2 tahun turis asing akan berbondong-bondong. Mungkin dua sampai tiga tahun kita belum bisa pulih seperti saat tahun 2017, 2018, 2019,” kata Didien dalam webinar Avrist Assurance, seperti dikutip suara.com, Jumat 10 Desember 2021.

Salah satu penyebabnya, menurut Didien, lantaran aturan ketat karantina beberapa hari bagi orang yang baru datang dari luar negeri. Selain itu, risiko penularan virus corona juga lebih tinggi terhadap turis yang datang dengan pesawat transit, seperti kedatangan dari Eropa ataupun Amerika.

“Karena orang jauh-jauh, misalnya dari Jerman, di Eropa kalau masuk ke , umpamanya target dia untuk 10 hari, diambil 7 hari atau 3 hari (untuk karantina) kan jadi rugi,” tutur Didien.

Selama menunggu kedatangan wisman kembali normal, Didien menyarankan, pelaku wisata sebaiknya fokus menggaet wisatawan domestik (wisdom) selama kondisi pandemi Covid-19 masih terjadi.

Sebelum terjadi pandemi, menurut Didien, perjalanan wisdom sebenarnya jauh lebih banyak dibandingkan wisman.

“Jumlah wisdom dihitung bukan dari orangnya tapi dari perjalannnya. Tahun ini saja sudah 270 juta perjalanan wisdom dan hasilnya secara uang bisa mengalahkan wisman,” ujarnya.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here