Thursday, 18 April 2024
HomeNasionalGempa M5,3 Guncang Jember, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa M5,3 Guncang Jember, Tak Berpotensi Tsunami

Bogordaily.net () melaporkan wilayah Jember diguncang gempa bumi, Senin 13 Desember 2021 pukul 12.46.59 WIB.

Hasil analisis menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter M5,3 dengan kekuatan update M5,1.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,69° LS; 113,57° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 167 km arah Selatan Kota Jember, pada kedalaman 73 km.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami , Bambang Setiyo Prayitno mengungkapkan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar (strike slip),” katanya dalam keterangan resmi yang diterima, Senin 13 Desember 2021.

menyebut guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Kuta III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Terasa getaran seakan akan truk berlalu , Jember II-III MMI, Denpasar, Kuta Utara, Karangasem, Pacitan, Trengalek, Lumajang, Blitar, Banyuwangi, Bondowoso, Malang II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” kata Bambang.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here