Gusi Bengkak, Lakukan Tiga Hal Ini

Menu

Mode Gelap
Yuk Rajin Periksakan Gigi ke RSUD Kota Bogor! Punya Modal Arsitek dan Kepala Daerah, Ridwan Kamil Digadang Jadi Kepala IKN Kota Bogor Terus Lanjutkan Vaksinasi Booster Kasus Harian Covid-19 Tembus 3 Ribu, Komisi IX Ingatkan Pemerintah Hal Ini Tenggelam di Sungai Kapuas, Balita Berusia 2 Tahun Belum Ditemukan

Kesehatan ยท 4 Des 2021 20:43 WIB

Gusi Bengkak, Lakukan Tiga Hal Ini


 Gusi Bengkak, Lakukan Tiga Hal Ini Perbesar

Bogordaily.net – Gusi bengkak disertai nyeri merupakan gangguan mulut yang cukup sering dialami sebagian orang. Gusi yang bengkak biasanya ditandai dengan adanya bagian yang mengalami pembesaran, menonjol dan menggelembung.

Bila tanpa dilakukan tindakan lebih lanjut, maka gusi yang bengkak dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan dan tulang yang menopang gigi.

Penting bagi kita untuk bisa mengetahui penyebab gusi bengkak agar kondisi ini bisa diantisipasi, sekaligus cara mengobatinya agar terhindar dari komplikasi.

Ketika gusi bengkak memengaruhi jaringan dan tulang yang menopang gigi, ada beberapa gejala yang menyertainya, mulai dari nanah di bawah gusi atau gigi, bau nafas tidak sedap, dan rasa tidak enak di dalam mulut. Sebagaimana dilansir Alodokter kondisi ini disebut periodontitis.

Meski terlihat ringan, keluhan gusi bengkak sebaiknya tidak didiamkan hingga berkepanjangan. Diperlukan Langkah penanganan awak untuk meredakan pembengkakan dan gejala yang menyertainya.

Berikut ini 3 cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri yang bisa kalian coba di rumah:

1. Berkumur Air Garam
Berkumur air garam merupakan salah satu cara paling mudah untuk mengobati gusi bengkak. Kamu bisa melakukannya dengan membuat larutan garam dengan mencampur air hangat dengan garam.

Selanjutnya, kamu dapat berkumur dengan larutan tersebut selama 30 detik, sebanyak 30 kali sehari. Namun, jangan terlalu sering berkumur dengan larutan garam karena dapat menyebabkan gigi mudah terkikis

2. Berkumur Air Lemon
Lemon mengandung asam yang berguna sebagai alkali alami untuk menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut. Caranya mudah, kamu cukup memeras satu buah lemon dan campurkan dengan segelas air hangat. Kemudian kamu bisa menggunakan air lemon sebagai obat kumur. Kamu bisa menggunakan ini sebanyak 3 kali sehari.

3. Berkumur dengan Minyak Nabati
Berkumur dengan minyak nabati, seperti minyak kelapa, juga diketahui dapat meredakan pembengkakan gusi karena mengandung asam laurat yang bersifat antiradang dan antibakteri.

Caranya dengan mencampurkan 1-2 sendok minyak nabati, lalu berkumur beberapa detik. Kamu harus hati hati jangan sampai minyak nabati ini tertelan, setelah selesai berkumur, buang minyak nabati dan bersihkan mulut dengan sikat gigi dan air bersih.

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Yuk Rajin Periksakan Gigi ke RSUD Kota Bogor!

24 Januari 2022 - 10:38 WIB

Periksakan Gigi

Efek Tidur Pakai Kipas Angin, Bisa Kena Bell’s Palsy

24 Januari 2022 - 08:01 WIB

Kipas angin

Studi Terbaru Bawa Kabar Tak Enak Soal Sinovac

23 Januari 2022 - 03:14 WIB

Temuan Baru, Varian Omicron Bisa Sebabkan Sakit Telinga

22 Januari 2022 - 19:29 WIB

WHO : Remaja Tak Perlu Diberi Vaksin Booster

22 Januari 2022 - 14:47 WIB

WHO rapat darurat varian baru covid-19

Ciptakan Generasi Pendonor Berkelanjutan, PDDI Kota Bogor Gelar Donor Darah

22 Januari 2022 - 14:28 WIB

Trending di Kesehatan