Saturday, 27 April 2024
HomeKota BogorMusrenbang Kelurahan Mekarwangi Usulkan Pembangunan dan Meningkatkan UMKM

Musrenbang Kelurahan Mekarwangi Usulkan Pembangunan dan Meningkatkan UMKM

Bogordaily.net menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan () tingkat kelurahan untuk perencanaan pembangunan tahun 2023 pada Selasa 7 Desember 2021. Hasilnya, Kelurahan Mekarwangi mengusulkan pembangunan sarana prasarana umum, serta kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

tersebut diselenggarakan di Rumah Kopi Bogor yang berlokasi di Jalan Subur No.5 (100 m, Polsek, RT.01/RW.01, Mekarwangi, Tanah Sereal, Kota Bogor dengan bertemakan “Pemantapan daya saing daerah dengan mendorong penguatan ekosistem inovasi daerah”.

Pada acara itu juga dihadiri oleh Komisi ll anggota DPRD Kota Bogor dari Fraksi Kebangkitan Bangsa Restorasi (F-KBR) Lusiana Nurissiyadah, Anggota DPRD Kota Bogor dari Fraksi PDI Perjuangan Hj. R. Laniasari, Anggota DPRD Kota Bogor Safrudin Bima serta Camat Tanah Sareal Sahib Khan, perwakilan perangkat daerah, LPM, BKM, serta para Ketua RT dan RW.

Camat Tanah Sereal Sahib Khan mengatakan, merupakan salah satu mekanisme dalam perencanaan pembangunan secara bertahap yang dimulai dari tingkat RT.

“Semoga ini adalah salah satu cara untuk menyampaikan aspirasi masyarakat terkait permasalahan yang ada di wilayah nya,” kata Camat Tanah Sereal Sahib Khan kepada Bogordaily.net usai .

Ia mengharapkan bisa mengakomodir semua usulan pembangunan ataupun program yang dibutuhkan warga.

Sahib Khan berharap, hasil dari kali ini ada beberapa skala prioritas yang harus di tindak lanjuti seperti Infastruktur dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Tadi hadir juga tiga anggota dewan dapil Tanah Sareal yang memberikan semangat dan mendorong untuk membangun Mekarwangi,” ujarnya.

Adapun usulan Infastruktur dan peningkatan UMKM dari LPM dan Ketua RT/RW seperti perbaikan Jalan, PJU, drainase serta kegiatan permodalan.

Sebagai informasi Abi sapaan akrabnya menyampaikan, Mekarwangi akan mengikuti lomba kinerja Kelurahan tingkat Provinsi Jawa Barat mewakili Kota Bogor.

“Semoga berkumpulnya LPM dan semua Ketua RT/RW bisa mensupport dan menjadi yang terbaik dalam lomba kinerja Kelurahan,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Lurah Mekarwangi Arief Rusdiman menuturkan, bahwa prioritas kegiatan yang akan diusulkan dari pembangunan fisik adalah pembangunan drainase, perbaikan rumah tidak layak huni, serta penerangan jalan umum.

“Adapun untuk kegiatan pemberdayaan ekonomi antara lain pelatihan bagi para pelaku UMKM,” ucapnya.

Sementara itu, Komisi ll anggota DPRD Kota Bogor dari Fraksi Kebangkitan Bangsa Restorasi (F-KBR), Lusiana Nurissiyadah menyampaikan, dirinya datang ke acara untuk mendampingi sekaligus mendorong usulan dari masyarakat terkait UMKM yang berada di wilayah Mekarwangi.

“Saya hadir ke Kelurahan Mekarwangi ini untuk mendorong dan meningkatkan UMKM lokal dimasa pandemi seperti UMKM pembuatan tape singkong dan arang perlu ditingkatkan lagi,” katanya.

Kemudian anggota DPRD Kota Bogor dari Fraksi PDI Perjuangan, Hj. R. Laniasari menambahkan, untuk usulan pembangunannya masih sama seperti pembangunan rumah tidak layak huni, Jalan setapak, PJU, dan drainase.

“Setiap usulan atau ajuan insyaallah kami akan memperjuangkan dan berusaha untuk merealisasikannya. Tetapi kami juga melihat anggaran PAD. Kalau prioritas pasti kami perjuangankan,” pungkasnya.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here