Thursday, 28 March 2024
HomeNasionalPuan Harap Pemerintah Sigap dan Tanggap Darurat Bencana Alam

Puan Harap Pemerintah Sigap dan Tanggap Darurat Bencana Alam

Bogordaily.net meminta pemerintah untuk siaga dan sigap melakukan terkait yang terjadi di Indonesia belakangan ini.

Puan meminta pemerintah untuk memprioritaskan operasi penyelamatan warga terdampak gempa bumi magnitudo 7,4 yang terjadi di Nusa Tenggara Timur ().

“Simpati yang mendalam saya sampaikan kepada masyarakat yang terdampak gempa di . Saya meminta pemerintah segera mengerahkan aset nasional, daerah, dan kementerian/lembaga terkait untuk melaksanakan upaya penyelamatan dan ,” kata Puan di Jakarta, Selasa.

Puan melanjutkan, pemerintah harus bisa memastikan keselamatan warga dari dampak gempa karena keselamatan rakyat harus berada di atas segalanya.

Dia mengingatkan perlunya penanganan khusus bagi balita, anak-anak, masyarakat berkebutuhan khusus, dan pengerahan tenaga medis untuk memberikan pertolongan kepada korban harus menjadi perhatian.

“Masyarakat tidak perlu panik namun harus tetap waspada terhadap ancaman tsunami dan gempa susulan. Ikuti imbauan dari petugas dan cari tempat perlindungan yang aman untuk memastikan agar diri dan keluarganya dalam kondisi aman,” ujarnya.

Puan meminta pemerintah bersama instansi lainnya merencanakan dengan seksama penanganan terhadap risiko terjadinya bencana.

Puan mengingatkan, banyaknya di Indonesia akhir-akhir ini mengharuskan semua pihak bekerja sama agar bisa meminimalisir timbulnya korban, kerugian, dan kerusakan.

“Kita ketahui banyak gempa terjadi di sejumlah daerah, seperti di Jawa Timur, Jawa Barat, dan Maluku. Kemudian bencana erupsi Gunung Semeru dan kini Gunung Merapi semakin aktif serta meningkatnya status Gunung Awu di Sangihe, lalu bencana banjir dan longsor di beberapa wilayah,” katanya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here