Saturday, 4 May 2024
HomeKota BogorKegiatan Asah Seni Mandiri UKM Pawon UIKA di Galeri Uie23art Painting Studio

Kegiatan Asah Seni Mandiri UKM Pawon UIKA di Galeri Uie23art Painting Studio

Bogordaily.net – UKM dan Budaya UIKA Bogor menggelar kegiatan belajar, yang dinamai ASMA () di kediaman pemateri di Jalan Kenanga Permai Blok EE No. 43, RT 05/RW 15, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Minggu 2 Januari 2022.

Dihadiri lebih dari 20 orang peserta termasuk pemuda dari warga setempat, dengan memakai pita hijau yang menandakan para pengunjung atau peserta sudah divaksin.

Acara tersebut dimulai dari tanggal 19 Desember dengan 3 kali pertemuan di setiap hari minggunya, yaitu tgl 19 desember 2021 di kediaman sikoran vokalis jeans roek Jalan Cibereum Mulyaharja RT 03/ RW 05 No 04, Kota Bogor Selatan.

Lalu, 26 desember 2021 di Panepaan Kujang yang diisi pemateri oleh Abdillah Darmabuana, anak dari Wahyu Affandi suradinata pemilik Galeri Kujang di Jalan Raya Parung Banteng No. 120, RT 04/ RW 01, Katulampa, Kecamatan Bogor.

Sebelum dimateri utama seni rupa, yang dibawakan langsung oleh seniman yang sudah banyak melanglang buana, dalam prestasi kejuaraan maupun pameran pameran lukis international dan Go International yaitu Supriyadi Hidayat, S.T, biasa disebut .

Peserta dan pengunjung dikenali sedikitnya seni terapan oleh Uwa dadang dengan memperlihatkan hasil karya yaitu miniatur rumah yang terbuat dari bambu, lalu ada pengenalan alat musik traditional yang banyak orang tidak tau yaitu Karinding dan Celempung yang dibawakan oleh Jaka Sunda, dan materi utama dari .

Mengenai apa itu seni rupa, dalam materinya ini menjelaskan dasar dasarnya seni rupa yang mana ternyata dasar dasar seni rupa ini sangatlah luas, seperti Realistik.

Dalam senirupa yang mana didalamnya terdapat Proporsi, Komposisi dan Tonalitas dan masih banyak lagi.

Lalu di sela-sela break di acara ASMA ini kedatangan Ertsa Andantino dari BCC (Bogor Creative Center) yang mana beliau sangat mensupport kegitan yang dilakukan oleh bogor ini.

Menurut beliau kegiatan kegiatan ini sangat perlu dilakukan guna meningkatkan ekonomi kreatif terutama dalam bidang seni rupa.

Bukan hanya itu saja, kegiatan ASMA ini juga di support oleh Komunitas IPI (Ikatan Pelukis Indonesia korcab Bogor).

Setelah break, ini melanjutkan materinya dengan praktek menggambar dengan alat tulis pensil 2B dan kertas uk A4 yang mana para peserta sangat bersemangat, untuk membuat karya dengan objek pot diatas kayu dan mempersentasikan apa arti yang terdapat pada gambar di masing-masing peserta.

Setelah itu ada sesi foto bersama dengan memberi cendra mata berupa sertifikat dari UKM & Budaya UIKA Bogor.

Harapan besar dari pengurus periode 2021-2022 yang di ketuai oleh Maulana Laili Ibrahim dengan nama panggung (Peuking), semoga kegiatan ASMA ini menjadi kegitan wajib setiap setahun sekali.

“Semoga acara ini bisa digelar setahun sekali, yang mana nantinya para anggota muda UKM Pawon mempunyai bekal keilmuan khususnya di bidang kesenian dan kebudayaan untuk terjun langsung mengenalkan kepada masyarakat tentang kesenian dan kebudayaan,” harapnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here