Peresmian Kawasan Edukasi Konservasi dan Wisata Sungai Ciguha

Menu

Mode Gelap
DLH Kabupaten Bogor Kantongi Nama Perusahaan yang Cemari Situ Citongtut Lakukan Penataan Kemacetan, Ade Yasin Perintahkan Jajarannya Terjun Langsung Kembalikan Jenazah Pahlawan Kemerdekaan Korea, Moon Jae-in Apresiasi Kazakhstan Satu Siswa Positif Covid-19, SMPN 1 Cibinong Hentikan PTM Imbas Ricuh Mapolda, Ketum LSM GMBI Dibekuk Polda!

Wisata · 14 Jan 2022 09:45 WIB

Pemkab Bogor Resmikan Kawasan Edukasi Konservasi dan Wisata Sungai Ciguha


 Pemkab Bogor Resmikan Kawasan Edukasi Konservasi dan Wisata Sungai Ciguha Perbesar

Bogordaily.net – Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan bersama Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum lakukan peresmian kawasan edukasi konservasi, dan wisata Sungai Ciguha, Kecamatan Nanggung, Kamis 13 Januari 2022.

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyampaikan bahwa Nanggung merupakan wilayah yang luar biasa dimana potensi sumber daya alamnya juga cukup luar biasa di wilayah Bogor Barat.

Wilayah Nanggung sebelumnya merupakan tempatnya Penambang Emas Tanpa Ijin (PETI), banyak permasalahan cukup kompleks, mudah-mudahan dengan adanya pembuatan kawasan edukasi konservasi, dan wisata Sungai Ciguha dapat mengurangi dan mengilangkan PETI.

Wisata Sungai Ciguha

“Dampak dari PETI cukup fenomenal bahkan sampai menyebabkan bencana nasional, dengan adanya pemberian kepada local hero dapat menggeser kegiatan masyarakat gurandil, mengurangi bahkan hilang sehingga mereka akan bergeser kepada kegiatan edukasi wisata di Wilayah Bogor Barat ini. Pemkab Bogor pada prinsipnya sangat mendukung kegiatan pengembangan kawasan edukasi konservasi, dan wisata Sungai Ciguha,” ungkap Wakil Bupati Bogor.

“Mudah-mudahan adanya kawasan wisata edukasi ini yang memang menjadi pilot project dapat mengangkat potensi dan perekonomian wilayah Bogor Barat serta menghilangkan PETI. Terima kasih Wakil Gubernur Jabar atas kehadiran dan dukungannya, kita akan terus bersinergi, apa yang menjadi tugas Desa, Provinsi, Kabupaten Bogor dan PT. Antam,” tandasnya.

Wisata Sungai Ciguha

Selanjutnya, Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum menyatakan, berbicara masalah tambang merupakan dilema, di sisi lain tambang sangat menguntungkan, di sisi lain kalau pengelolaannya tidak profesional bukan hanya keuntungan tetapi juga kerugian.

Sebaliknya jika tambang tidak dimanfaatkan untuk apa potensi yang ada, butuh pasir, batu bahkan emas untuk menyejahterakan masyarakat, tapi terpenting bukan mengambil dan menggalinya tetapi pemanfaatannya harus sesuai dengan hukum norma dan normatif.

Wisata Sungai Ciguha

Merubah paradigma masyarakat, yang merubah citra itu yang paling mahal, kegiatan ini merupakan langkah yang sangat luar biasa.

“Kami berikan apresiasi dan penghargaan, harapan kami ini terus berlanjut, tidak cukup segertakan saja, tapi harus ada keberlangsungan, kontinyuitas, karena ini sangat penting, makanya saya minta daerah-daerah lain bisa mengikuti langkah ini, untuk bisaa membasmi penambangan liar,” bebernya.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Kalian Harus Tau, 5 Tradisi ini Hanya Dilakukan di Pulau Dewata

29 Januari 2022 - 00:34 WIB

Pulau Dewata

Pagoda Tertinggi di Indonesia Ternyata Ada di Karo Loh!

28 Januari 2022 - 09:46 WIB

Pagoda Tertinggi

Presiden Resmikan Travel Bubble Batam Bintang Singapura, Apa itu Travel Bubble?

27 Januari 2022 - 16:38 WIB

Bubble

Manjakan Wisatawan Dengan Jernihnya Air di Curug Balong Endah

27 Januari 2022 - 09:22 WIB

Curug Balong Endah

Yuk, Telusuri Wisata 5 Curug di Kawasan Sentul

26 Januari 2022 - 05:15 WIB

curug sentul

Ingin Merasakan Sensasi Berkemah di Mongolia, Coba Datang ke Tamansari Bogor

25 Januari 2022 - 13:27 WIB

Berkemah
Trending di Wisata