Thursday, 18 April 2024
HomeTravellingPemkab Bogor Resmikan Kawasan Edukasi Konservasi dan Wisata Sungai Ciguha

Pemkab Bogor Resmikan Kawasan Edukasi Konservasi dan Wisata Sungai Ciguha

Bogordaily.net bersama lakukan peresmian , dan , Kecamatan Nanggung, 13 Januari 2022.

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyampaikan bahwa Nanggung merupakan wilayah yang luar biasa dimana potensi sumber daya alamnya juga cukup luar biasa di wilayah Bogor Barat.

Wilayah Nanggung sebelumnya merupakan tempatnya Penambang Emas Tanpa Ijin (PETI), banyak permasalahan cukup kompleks, mudah-mudahan dengan adanya pembuatan , dan dapat mengurangi dan mengilangkan PETI.

Wisata Sungai Ciguha

“Dampak dari PETI cukup fenomenal bahkan sampai menyebabkan bencana nasional, dengan adanya pemberian kepada local hero dapat menggeser kegiatan masyarakat gurandil, mengurangi bahkan hilang sehingga mereka akan bergeser kepada kegiatan edukasi wisata di Wilayah Bogor Barat ini. pada prinsipnya sangat mendukung kegiatan pengembangan , dan ,” ungkap Wakil Bupati Bogor.

“Mudah-mudahan adanya kawasan wisata edukasi ini yang memang menjadi pilot project dapat mengangkat potensi dan perekonomian wilayah Bogor Barat serta menghilangkan PETI. Terima kasih Wakil Gubernur Jabar atas kehadiran dan dukungannya, kita akan terus bersinergi, apa yang menjadi tugas Desa, Provinsi, Kabupaten Bogor dan PT. Antam,” tandasnya.

Wisata Sungai Ciguha

Selanjutnya, Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum menyatakan, berbicara masalah tambang merupakan dilema, di sisi lain tambang sangat menguntungkan, di sisi lain kalau pengelolaannya tidak profesional bukan hanya keuntungan tetapi juga kerugian.

Sebaliknya jika tambang tidak dimanfaatkan untuk apa potensi yang ada, butuh pasir, batu bahkan emas untuk menyejahterakan masyarakat, tapi terpenting bukan mengambil dan menggalinya tetapi pemanfaatannya harus sesuai dengan hukum norma dan normatif.

Wisata Sungai Ciguha

Merubah paradigma masyarakat, yang merubah citra itu yang paling mahal, kegiatan ini merupakan langkah yang sangat luar biasa.

“Kami berikan apresiasi dan penghargaan, harapan kami ini terus berlanjut, tidak cukup segertakan saja, tapi harus ada keberlangsungan, kontinyuitas, karena ini sangat penting, makanya saya minta daerah-daerah lain bisa mengikuti langkah ini, untuk bisaa membasmi penambangan liar,” bebernya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here