Saturday, 20 April 2024
HomeKabupaten BogorPentingnya Peran Guru Penggerak Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Pentingnya Peran Guru Penggerak Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Bogordaily.net–  Bupati Bogor Ade Yasin bersama Direktur Pendidikan Profesi Kemenristek Dikti, lakukan audiensi mengenai pentingnya dalam meningkatkan mutu dan , di Ruang Serbaguna 1 Setda, Kamis, 6 Januari 2022.

Menurut Ade yasin, mampu menggerakan komunitas belajar di sekolah dan di wilahnya serta dapat menemukan kepemimpinan murid untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila atau berjiwa nasionalis.

“Apa yang ada di Pancasila harus kembali diajarkan, sebab anak sekarang kiblatnya ke gawai, apalagi ditambah dua tahun selama pandemi metode pembelajaran yang kita lakukan daring sehingga anak-anak ketergantungan kepada gadget, kita harus memperbaiki kondisi ini. ” ungkapnya.

Bupati Bogor menambahkan bahwa di Kabupaten Bogor untuk membudayakan kearifan lokal dilakukan melalui program “Kamis Nyunda” artinya setiap hari Kamis harus ada muatan lokal bahasa Sunda karena Kabupaten Bogor bagian dari Jawa Barat.

sudah ada komunitasnya yakni Komunitas Belajar (KBGP), mudah-mudahan jadi wadah dan pengembangan diri dan ajang silaturahim dalam mengembangkan pendidikan di Kabupaten Bogor,” tegasnya.

Melalui Program Bogor Cerdas, Ade Yasin berusaha bersikap adil terhadap lembaga pendidikan baik swasta maupun negeri, sehingga bantuan pendidikan yang diberikan tidak sebatas untuk sekolah negeri tetapi swasta bahkan madrasah.

Di tempat yang sama, Direktur Pendidikan Profesi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan, Temu Ismail menambahkan bahwa program pendidikan diharapkan dan dicanangkan dalam penyiapan kepemimpinan dalam jabatan pengawas dan kepala sekolah.

Program itulah kedepan untuk penyiapan calon-calon pemimpin dalam satuan pendidikan untuk diberikan tugas sebagai kepala sekolah atau diangkat jabatan pengawas sekolah maupun profesi guru lainnya.

“Ada sekitar 114 lulusan di Kabupaten Bogor diharapkan bisa berdaya dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan di Kabupaten Bogor,” tutur Ismail.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here