Friday, 26 April 2024
HomeKabupaten BogorPMI Cisarua Berhasil Dapatkan Ratusan Kantong Darah

PMI Cisarua Berhasil Dapatkan Ratusan Kantong Darah

BogorDaily.net– Rutin mengadakan kegiatan donor darah, Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, berhasil dapatkan setiap tahunnya dari para .

Ketua PMI Kecamatan Cisarua, Odin Sulaeman menjelaskan bahwa, dalam satu tahun membuat agenda kegiatan donor darah sebanyak 3 sampai 4 kali di wilayahnya.

“Setiap kegiatan donor darah kita bisa menghasilkan 30 sampai 40 ,” ungkapnya Senin 17 Januari 2022.

Lebih lanjut ia menambahkan, saat ini PMI Kecamatan Cisarua sedang menyisir para pelaku usaha di wilayah Puncak, Kabupaten Bogor untuk melaksanakan kegiatan donor darah.

“Kegiatan di masing-masing tempat usaha, sekarang kita sudah mengajukan kepada Taman Safari Indonesia, tinggal menunggu restu dari pimpinan,” tambahnya.

Bahkan ia meyakini, jika semua para pelaku usaha di kawasan Puncak bisa melaksanakan kegiatan doroh darah, maka bukan hal yang tidak mungkin ketersediaan darah di Unit Transfusi Darah (UTD) Cibinong akan tercukupi. Dan dari rata-rata kegiatan donor darah, golongan darah A dan B paling mendominasi.

“Iyah kebanyakan masyarakat Cisarua kalau melakukan donor darah golongannya A, B dan B plus,” terangnya.

Selain itu menurutnya, di Kecamatan Cisarua, jumlah darah mencapai puluhan warga yang menjadi langganan saat kegiatan donor darah diadakan. Meski demikian, PMI Kabupaten Bogor tidak pernah menargetkan jumlah dalam setiap kegiatannya.

Sementara itu, Humas Rumah Sakit Umum Derah (RSUD) Ciawi, Heri Juhaeri mengaku stok darah di RSUD Ciawi relatif terpenuhi.

“Stok darah aman, hanya terkadang ada beberapa golongan darah yang langka sedikit susah,” pungkasnya.

 

Irfan Ramadan

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here