Thursday, 28 March 2024
HomeNasionalPPKM Luar Jawa dan Bali Diperpanjang Hingga 2 Pekan Kedepan

PPKM Luar Jawa dan Bali Diperpanjang Hingga 2 Pekan Kedepan

Bogordaily.net– Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat () di luar wilayah Jawa dan Bali selama dua pekan ke depan.

Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat ( ) untuk luar Pulau Jawa-Bali kembali hingga pekan depan, pada 31 Januari 2022.

Menurut Airlangga, angka reproduksi Covid-19 di beberapa wilayah cukup bervariatif, di Sumatera naik menjadi 1, Maluku naik menjadi 0,92%.

“Kalimantan 0,98, Papua turun, Nusa Tenggara turun, Sulawesi turun,” kata Airlangga, dalam konferensi pers, Minggu 16 Januari 2022, petang dikutip dari liputan6.

Dengan data tersebut, di luar Jawa dan Bali dilakukan perpanjangan sesuai dengan asesmen di masing-masing wilayah.

Tercatat, untuk daerah dengan status level 1 menjadi 238 kota dan kabupaten, naik dari sebelumnya 227 kota dan kabupaten. Kemudian, untuk level 2 ada sebanyak 138 kota dan kabupaten. Untuk level 3 tinggal 10 kota dan kabupaten.

Meski masih terjaga rendah, Airlangga mengimbau agar masyarakat perlu waspada dengan varian baru Covid-19 Omicron. Dan jangan anggap remeh jenis varian baru ini.

“Masyarakat perlu bersiap-siap dan perlu terus menjaga protokol kesehatan, puncak kasus (di beberapa negara) diperkirakan negara dalam 40 hari ke depan,” ungkapnya.

Pemerintah, kata dia, juga telah melakukan berbagai langkah antisipasi, antara lain dengan menggenjot vaksinasi di dalam negeri.

“Kami menyampaikan terkait arahan presiden bahwa vaksin merah putih atau beproduksi di dalam negeri akan disiapkan pertengahan tahun ini,” tandas Airlangga.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here