Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaTak Setuju Nusantara Jadi Nama Ibu Kota Baru, Fadli Zon: Jokowi Saja!

Tak Setuju Nusantara Jadi Nama Ibu Kota Baru, Fadli Zon: Jokowi Saja!

Bogordaily.net Fraksi Partai Gerindra mengkritik pemberian nama terhadap Ibu Kota baru di Kalimantan Timur. Menurut Fadli memiliki banyak arti luas, sehingga kurang cocok.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan dalam akun twitternya yakni @Fadlizon, pada Selasa 18 Januari 2022.

“Nusantara kurang cocok jadi karena punya pengertian sendiri sebagai wilayah Indonesia, belum lagi ada Wawasan Nusantara,” kata Fadli.

Waketum Partai Gerindra ini pun mengusulkan Ibu Kota Negara baru diberikan nama Presiden Joko Widodo (). Hal ini sama dengan mama Ibu Kota Kazakhstan yakni Nursultan yang merupakan nama Presiden dari Kazakhstan.

“Usul saya nama ibu kota langsung saja “”. Sama dengan ibu kota Kazakhstan Nursultan dari nama Presiden Nursultan Nazarbayev,” tandas Fadli.

Sebelumnya Republik Indonesia di Kalimantan Timur adalah ‘Nusantara'. Nama tersebut sesuai dengan pilihan Presiden .

“Saya baru mendapatkan konfirmasi dan perintah langsung dari Bapak Presiden itu pada Jumat lalu dan beliau mengatakan ibu kota negara ini namanya Nusantara,” kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) yang juga Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam Rapat Pansus RUU Ibu Kota Negara (IKN) di Jakarta, Senin 17 Januari 2022

Nama ‘Nusantara' dipilih karena dianggap mewakili keberagaman Republik Indonesia. Suharso yakin kalau nama ini akan diterima oleh seluruh rakyat Indonesia.

“Mengenai nama ibu kota titik-titik itu memang semula sudah ingin dimasukkan pada waktu penulisan Surat Presiden itu, tapi kemudian ditahan,” katanya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here