Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalTravel Bubble Resmi Diibuka, Roda Perekonomian Pariwisata Diharap Meningkat

Travel Bubble Resmi Diibuka, Roda Perekonomian Pariwisata Diharap Meningkat

Bogordaily.net – Pemerintah resmi membuka di tiga kawasan yakni Batam, Bintan dan Singapura. Kerja sama antara pemerintah dan Singapura ini diharapkan dapat memutar roda perekonomian terkhusus di sektor .

Pembukaan kawasan secara resmi dibuka sejalan dengan terbitnya surat edaran (SE) Kepala Satuan Tugas 3 tahun 2022 tentang protokol Kesehatan Pelaku Perjalanan Luar Negeri.

Dalam aturan tersebut salah satunya memuat mengenai zona yang telah ditentukan sesuai rencana perjalanan yakni wisatawan atau pengelola wisata hanya diizinkan berinteraksi dalam kawasan zona di Kepulauan Riau yaitu Nongsa, Batam dan Lagoi, Bintan.

Ketua Badan Pimpinan Daerah (BPD) Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) DKI Jakarta Sutrisno Iwantoro mengungkapkan bahwa merupakan langkah yang baik dalam menggerakkan perekonomian . Menurutnya, ada dua poin penting yang mesti diperhatikan dalam penerapan kebijakan ini.

Pertama, Singapura dan Batam cukup baik dalam penanganan pandemi. Kedua, wisatawan Singapura banyak memberikan pendapatan bagi Batam dan sekitarnya,” ujar Sutrisno kepada Kontan.co.id, Rabu 26 Januari 2022.

Sutrisno menambahkan bahwa sektor hotel dan restoran merupakan sektor yang paling terdepan dalam antisipasi penyebaran virus.

Selain itu, tanpa adanya Covid-19 pun kenyamanan dan keamanan wisatawan tentunya menjadi prioritas bagi hotel dan restoran karena yang dijual dari sektor tersebut adalah pelayanan jasa.

Sebagai informasi, mengutip data PHRI, Indeks Kepercayaan konsumen atau Consumer Confidence Index (CCI) pada tahun 2022 saat ini berada pada angka 54%. Sementara itu pada kuartal III 2021, indeks kepercayaan konsumen adalah 56%.

Hal tersebut menjadi modal positif bagi industri hotel dan restoran, di mana tingkat kepercayaan rata-rata konsumen berada di atas 50% meskipun dalam keadaan pandemi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here