Wednesday, 24 April 2024
HomeTravellingYuk, Telusuri Wisata 5 Curug di Kawasan Sentul

Yuk, Telusuri Wisata 5 Curug di Kawasan Sentul

Bogordaily.net–Kawasan Sentul, Kabupaten Bogor menyimpan beragam destinasi wisata. Salah satunya yang jumlahnya cukup banyak. Nah, di antara tersebut berikut ini, ada beberapa rekomendasi yang bisa dikunjungi. Yuk, simak ulasan di kawasan Sentul yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini:

Leuwi Hejo

Suasana alam yang nyaman serta medan trekking yang menantang menjadi keunikan tersebut Leuwi Hejo. Tak hanya itu, ini juga memiliki air jernih yang berwarna hijau.

Leuwi Hejo berlokasi di Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. ini berjarak sekitar 9 KM dari kawasan pusat Sentul.

Jika mengendarai mobil, wisatawan bisa mengambil rute tol jagorawi dan keluar tol Citeureup (Cibinong) lalu ambil arah Sukamakmur dan mengikuti petunjuk arah ke Leuwi Hejo.

Pengunjung yang mengendari sepeda motor, bisa menempuh perjalanan ke arah jungleland Sentul lalu menuju Jalan Raya Babakan sampai ke Leuwi Hejo.

Harga tiket dari obyek wisata ini adalah kisaran antara Rp15.000 hingga Rp25.000.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Curug Leuwi Hejo ini, salah satunya adalah berenang sebab kolam di bawah air terjun ini dinilai cukup aman.

Selain itu, wisatawan juga bisa melompat dari atas tebing yang ada di sekitaran curug.

Bagi pengunjung yang menyukai kegiatan pemotretan, bisa melakukan sesi pemotretan di beberapa spot yang memiliki latar belakang keindahan alam.

Bisa juga loh, dijadikan sebagai tempat bersantai sekaligus menikmati keindahan alam yang ada.

Curug Barong

Curug Barong berlokasi di Pabuaran, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Lokasi curug ini masih di lokasi area Gunung Pancar Sentul yang cukup terkenal dengan keberadaan air terjunnya. Tiket masuknya Rp15.000 hingga Rp25.000.

Akses untuk menuju Curug ini bisa dibilang mudah dijangkau. Lokasi curug bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua.

Namun, di sekitaran obyek wisata ini tidak ada angkutan umum sebab berada di tengah hutan dan wisatawan harus melakukan trekking dari parkiran hingga sampai ke curug.

Dibutuhkan waktu sekitar 10 hingga 20 menit untuk sampai di lokasi Curug Barong.

Curug Leuwi Cepet

Curug yang berlokasi di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor ini masih satu kawasan dengan Curug Leuwi Hejo dan Leuwi Barong.

Wisatawan bisa menikmati air terjun serta berenang. Tak kalah menarik, wisatawan bisa melakukan lompat dari atas tebing yang ada di sekitar air terjun.

Seperti curug pada umumnya, wisatawan harus melakukan trekking terlebih dahulu untuk sampai di lokasi curug. Di obyek wisata ini.

Tiket masuk gerbang utama obyek wisata ini adalah Rp 15.000 per orang. Saat ingin memasuki lokasi curug, wisatawan juga akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 25.000 per orang.

Sebagai tempat wisata yang sudah lama dikelola dan dikembangkan, Curug Leuwi Cepet memiliki fasilitas toilet umum, kamar bilas, musala, tempat penyewaan bantal serta pelampung, dan beberapa kios yang menjual makanan dan minuman.

Curug Leuwi Cibaliung

Curug yang berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor ini juga memiliki keindahan.

Untuk memasuki curug ini, wisatawan dikenakan biaya masuk sebesar Rp15.000 per orang dan biaya kendaraan sebesar Rp10.000.

Selain bisa menikmati pemandangan alam di sekitaran curug yang indah serta bermain air bawah air terjun, pengunjung juga bisa melakukan berfoto di beberapa spot yang memiliki pemandangan alam yang indah.

Curug Kalimata

Curug Kalimata berlokasi di kawasan Gunung Pancar, Jalan Raya Babakan, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor.

Di curug yang memiliki ketinggia 40 meter ini, pengunjung bisa menikmati beberapa aktivitas wisata seru, di antaranya, berkemah, jungle trip, sepeda wisata, hammcking, camping, climbing, dan kegiatan wisata lainnya.

Curug ini juga memiliki daya tarik tersendiri, karena lingkungan masih alami. Kesunyian juga masih sangat terasa, sebab belum banyak pelancong yang datang menikmati keindahan alamnya.

Hawa di sekitarnya sejuk dan sepanjang jalan menuju ke sana terdapat area perkebunan kopi. Di sekitar wilayahnya terdapat tempat perkemahan dan banyak telaga atau leuwi yang bisa dijadikan tempat untuk berenang.

Adapun daftar harga dari obyek wisata ini adalah Rp 15.000 per orang dan terdapat beberapa paket wisata di antaranya water climbing, jungle trip, camping, outbound dengan tarif beragam.***

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here