Sunday, 5 May 2024
HomeNasional6 Desa di Kecamatan Lumbis Terkena Bencana, Ini Kata Camat PLT. Lumbis...

6 Desa di Kecamatan Lumbis Terkena Bencana, Ini Kata Camat PLT. Lumbis Pasiangan

Bogordaily.net – Telah terjadi banjir beberapa wilayah Pansiangan, Nunukan, Kalimantan Utara, yang memporandakan rumah warga dan fasilitas umum.

PLT. Camat Lumbis Pasiangan, Lumbis Pangkayungon menyampaikan, sepanjang sejarah sungai Sedalir belum pernah terjadi banjir besar pada 20 Februari 2022. Banjir terbesar dari banjir ini lebih tinggi sekitar 4 meter, sehingga banjir diperkirakan meluap dari batas air normal setinggi 18 sampai 20 meter.

“Banjir datang sekitar pukul 00:00 WITA ditengah warga sudah tidur, tidak banyak bisa diperbuat hanya menyalatkan keluarga dan melihat rumah hanyut dengan isi-isinya dengan senter seadanya,” PLT. Camat Lumbis Pasiangan, Lumbis Pangkayungon, dalam keterangan nya, Senin 21 Februari 2022.

Data harta benda dan rumah yang hanyut Desa Langgason Pansiangan Nunukan Kalimantan Utara yakni rumah hanyut termasuk Kantor Desa dan rumah Kepala Desa sebanyak 12 unit.

“Rumah Walet 1 unit, Mollding milik Bumdes Desa Langgason, Jembatan Ulinisasi, WIFI Bakti dan WC umum,” ujarnya.

Kemudian, lanjut Lumbis, kerusakan juga terjadi Desa Tantalujuk, Pansiangan, Nunukan, Kalimantan Utara yakni rumah 2 unit, Posyandu 1 unit.

“Empat Desa lainnya Panas, Bokok, Kuyo dan Tambalang juga mengalami longgsor dibeberapa tempat,” imbuhnya.

Dalam kejadian tersebut jumlah yang terdampak sebanyak 210 KK atau 447 Jiwa dari .

Warga yang terdampak sangat membutuhkan bantuan seperti makanan, selimut dan pakaian.*

 

Ibnu Galansa Montazery

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here