Sunday, 19 May 2024
HomeNasionalAir Sungai di Jombang Berwarna Merah Darah

Air Sungai di Jombang Berwarna Merah Darah

Bogordaily.net – Kegemparan terjadi di Desa Tenggalrejo, Kecamatan Mojoagung, . Kalibening berubah warna menjadi merah darah.

Kejadian itu terjadi pada Jumat sore 25 Februari2022 hingga malam. Warga bingung apa yang menjadi penyebab tersebut berubah warnanya.

Kepala Desa Tanggalrejo, Dimas Wahyu Ramadhana membenarkan kabar di wilayahnya tiba-tiba berwarna merah.

Begini Kondisi Gala Sky Ardiansyah Setelah Kecelakaan Maut Yang Merenggut Nyawa Kedua Orang Tuanya
“Diketahuinya sekitar pukul 16.00 WIB. Beberapa warga melapor aliran sungainya tiba-tiba memerah,” kata Dimas saat dikonfirmasi, Minggu 28 Februari 2022.

Ia menambahkan, mengetahui fenomena berubah warna, Dimas dan beberapa warga mencari penyebabnya dengan menyisir sungai. Asal warna merah itu ditemukan di pinggir sungai di Dusun Mojoranu, Desa Tanggalrejo.

“Tepatnya di hulu dam Songkar, jadi dari bawah itu kayak muncul merah begitu, terus menyebar ke , tapi tidak ada bau,” ungkap Dimas.

Fenomena perubahan warna menjadi merah itu, lanjut Dimas, sudah dilaporkan ke pihak terkait.

“Sudah dilaporkan ke dinas terkait dan petugasnya informasi sudah meluncur ke sini. Airnya sudah kembali seperti semula jam 10 malam (pukul 22.00),” tukasnya.

Dikutip dari Republika, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) , Miftahul Ulum, pihaknya sudah mendatangi lokasi sungai yang airnya berubah menjadi merah darah serta mengambil sampel air itu.

“Tadi malam kami sudah mengambil yang berwarna merah itu,” ujar Ulum.

Menurut Ulum, sampel air yang berwarna merah itu bakal dilakukan pengujian di laboratorium untuk mengetahui penyebabnya.

“Penyebabnya kita belum bisa pastikan sebelum ada hasil lab,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here