Friday, 17 May 2024
HomeNasionalAngka Kematian Covid-19 di DIY, Didominasi Oleh Lansia

Angka Kematian Covid-19 di DIY, Didominasi Oleh Lansia

Bogordaily.net – Kasus kematian Covid-19 bagi , cukup tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta (). Diungkapnkan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Yogyakarta, tren angka kematian meningkat kendati jumlah angka nya tidak sampai dua digit.

Wakil Ketua Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah , Biwara Yuswantana, mengatakan ada kasus pasien covid-19 meninggal dalam posisi isolasi mandiri. Menurut dia sebagian besar kematian pasien covid-19 saat ini terjadi pada .

“Kemarin dari Dinas Kesehatan konsolidasikan ke Puskesmas agar kemampuan pendampingan kepada masyarakat yang isoman lebih intensif,” kata Biwara Kota Yogyakarta, Jumat, 18 Februari 2022.

Ancaman terhadap ini kian tinggi bagi yang memiliki penyakit bawaan (komorbid) dan belum mendapat suntikan vaksin covid-19. Biwara mengatakan telah berupaya berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan terkait kondisi saat ini.

Menurut dia langkah yang sejauh ini bisa dijalankan dengan memaksimalkan koordinasi pemerintah desa dengan Puskesmas setempat. Ia berharap koordinasi yang baik itu bisa memantau kondisi warga terpapar covid-19 yang memilih isolasi mandiri (isoman).

“Pasien yang milih isoman ini gejala ringan tapi tengah (masa isoman kondisinya) meningkat (memburuk). Ini kemudian dalam beberapa kasus menyebabkan kematian,” jelas Kepala Pelaksana BPBD ini.

Ia menyarakan masyarakat yang positif covid-19 bisa diisolasi shelter isolasi terpadu (isoter), termasuk bisa di shelter yang dikelola pemerintah desa. Menurut dia, hal ini semata agar kondisi kesehatannya bisa terpantau.

“Kalau rumah tidak memenuhi syarat ke isoter sekarang banyak. Untuk hindari klaster keluarga dan keparahan pengawasan ditingkatkan,” ungkapnya.***

.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here