Dibalik Keindahannya, Curug Cigamea Simpan Banyak Misteri

Menu

Mode Gelap
Melonjak Rp 10 ribu Per Gram, Cek Harga Emas Antam Hari Ini Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM Kota Bogor, Kamis 29 September 2022 Siap-siap Payung, Kota Bogor Hujan Hari Ini, Kamis 29 September 2022 Harga Emas Pegadaian Turun, Rabu 28 September 2022 Jangan Telat Perpanjang SIM! Ini Lokasi Simling Kota Bogor, Rabu 28 September 2022

Kisah Misteri · 21 Feb 2022 14:06 WIB

Dibalik Keindahannya, Curug Cigamea Simpan Banyak Misteri


 Curug Cigamea di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. (Irfan/Bogordaily.net) Perbesar

Curug Cigamea di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. (Irfan/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Curug Cigamea merupakan salah satu curug yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, menjadi tempat favorit para pelancong dari berbagai daerah.

Memiliki dua curug dalam satu tempat, menjadi daya tarik tersendiri yang membuat wisatawan berbondong-bondong untuk datang berlibur menghilangkan penat mereka.

Air curug yang bersumber langsung dari Gunung Salak tersebut membuat kenjernihan dan kesegaran air tak perlu diragukan.

Ditambah, posisi curug yang sudah terlihat jelas dari pintu awal masuk, membuat pemandangan akan keindahannya tak perlu diragukan.

Namun, dibalik sejuta keindahannya, Curug Cigamea menyimpan misteri yang cukup kental dikalangan masyarakat sekitar. Bahkan misteri tersebut sampai kini masih sering diperbincangkan.

Menurut Herman warga sekitar yang tinggal tak jauh dari lokasi curug menceritakan bahwa, selain menjadi tempat berwisata, curug ini kerap kali dijadikan tempat ritual bagi mereka yang ingin mencari harta, jabatan dan kedudukan.

“Banyak yang datang ke sini dengan niat lain, selain ingin berwisata, ada yang datang dengan niat mencari harta, dan mereka datang dari jauh-jauh, bahkan dari luar Bogor dan Jawa Barat,” ungkapnya kepada Bogordaily.net, Minggu 20 Februari 2022.

Keunikan lain yang ada di Curug Cigamea ialah, karena tempat wisata satu ini dihuni oleh puluhan jenis spesies kera yang berasal dari hutan di Gunung Salak. Menurut warga sekitar, keberadaan monyet-monyet disekitar tempat wisata tersebut sudah banyak sejak dulu dan bertahan hingga saat ini.

Curug Cigamea

Kerajaan kera yang ada di Curug Cigamea ini, sambungnya jaka, juga kerap dijadikan tujuan para peziarah seperti untuk pesugihan. Diterima atau tidaknya persembahan seseorang yang melakukan ritual, biasanya dilihat dari respon para kera yang dianggap sebagai perantara ritual.

“Biasanya monyet-monyet ini yang dijadikan perantara untuk menerima sesajen yang disediakan para peziarah. Cuma tidak sembarang monyet, biasanya monyet yang diutus itu monyet berpostur besar-besar,” ujarnya.

Namun kata Herman, ada satu kera berwarna putih berukuran besar layaknya anak usia 7 tahun yang jarang menampakan diri. Bahkan jika beruntung kera putih tersebut akan menerimanya secara langsung.

“Atau kalau beruntung sesajennya akan diterima oleh monyet putih, cuma jarang sekali monyet putih turun ke sini. Seumur hidup saya sendiri, baru 5-6 kali melihat keberadaan monyet putih itu,” pungkasnya.

(Irfan Ramadan)

Artikel ini telah dibaca 1,700 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Bucin Setengah Mati! Ini Ciri-ciri Orang Kena Pelet Semar Mesem

29 September 2022 - 12:29 WIB

Kisah Mistis Situ Gintung, Buaya Putih Meminta Tumbal

28 September 2022 - 20:27 WIB

Kisah Mistis Situ Gintung

Seram! Kisah Horor Pria Diganggu Makhluk Halus Kiriman Mantan Pacar Istri

28 September 2022 - 19:08 WIB

Kisah Mistis Kerajaan Gaib di Gunung Sangkur

27 September 2022 - 15:25 WIB

Rasakan Malam Erotis, Wanita Ini Siap Nikah dengan Kekasih Hantunya

26 September 2022 - 09:07 WIB

Terowongan Casablanca Bekas Kuburan Massal, Kalau Lewat Klakson 3 Kali

25 September 2022 - 20:16 WIB

terowongan Casablanca
Trending di Kisah Misteri