Saturday, 25 May 2024
HomeKabupaten BogorGelar Ansor Talk, Ansor Bogor harap Kolaborasi dengan Kemenag Meningkat

Gelar Ansor Talk, Ansor Bogor harap Kolaborasi dengan Kemenag Meningkat

Bogordaily.net – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor, Abas Resmana memberikan materi dalam dengan tema “Penguatan Moderasi Beragama Menyambut Tahun Toleransi 2022 di Kabupaten Bogor” di Aula MTsN 3 Bogor pada Kamis 3 Febuari 2022.

Dalam sambutannya, Abas Resmana mengapresiasi inovasi dan gagasan PC GP Ansor Kabupaten Bogor. “Saya mengapresiasi kegiatan GP Ansor Kabupaten Bogor bertajuk , karena moderasi beragama dan toleransi merupakan dua hal penting yang menjadi fokus Kementerian Agama saat ini,” ujarnya.

Abas Resmana menyadari bahwa Indonesia merupakan bangsa dengan keberagaman tinggi yang perlu disikapi dengan bijak.

“Keberagaman di Indonesia bukan pilihan, melainkan anugerah, maka dari itu perlu peran kita dalam merawat dan menyikapi keberagaman secara bijak, salah satunya dengan penguatan moderasi beragama” ucapnya.

Sekalipun berbeda instansi, tambah Abas, GP Ansor dan Kementerian Agama memiliki kesamaan, yakni melayani masyarakat Indonesia.

“Kita (Kementerian Agama dan GP Ansor) memiliki objek masyarakat yang sama khususnya masyarakat Bogor, sehingga sinergitas menjadi penting untuk kita bangun,” katanya.

Ansor Talk

Dengan jumlah penghulu, guru madrasah, dan penyuluh Agama Islam yang banyak,  Abas Resmana meyakini bahwa hal tersebut dapat menjadi modal KanKemenag Kabupaten Bogor dalam bersinergi dengan Ansor.

“Saya harap GP Ansor dapat berkolaborasi dengan penghulu, guru madrasah, dan penyuluh Agama Islam dalam menguatkan pandangan mengenai moderasi beragama,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Kepala MTsN 3 Bogor, Miman Hilmasnyah yang mengaku bangga dan siap bersinergi dengan GP Ansor.

“Sudah kedua kalinya MTsN 3 Bogor menjadi tempat kegiatan GP Ansor dan saya sudah berdiskusi dengan Ketua GP Ansor Kabupaten Bogor agar dapat mengadakan dengan peserta guru madrasah,” ujarnya.

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Bogor, Dhamiry menyambut baik ajakan KaKanKemenag Kab. Bogor dan Kepala MTsN 3 Bogor.

“Kami siap bersinergi, karena kami ingin menjadi entitas yang turut membangun Indonesia,” ungkapnya.

Kegiatan yang diselenggarakan dengan protokol kesehatan ketat ini turut mengundang Ketua Tanfidziyah PC Nahdlatul Ulama Kabupaten Bogor sebagai narasumber, serta Kepala KUA di Lingkungan KanKemenag Kabupaten Bogor dan Ketua PAC GP Ansor Se Kabupaten Bogor sebagai peserta.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here