Saturday, 20 April 2024
HomeKota BogorHujan Deras Kemarin Sore, Perumahan Villa Nusa Indah Bogor Terendam Banjir

Hujan Deras Kemarin Sore, Perumahan Villa Nusa Indah Bogor Terendam Banjir

Bogordaily.net yang mengguyur seluruh wilayah di , Rabu 16 Ferbruari 2022 malam hari,  menyebabkan banjir di Perumahan di Perumahan Villa Nusa Indah, Desa Bojong Kulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten .

Berdasarkan data hingga Kamis 17 Februari 2022 pagi, akibat kemarin malam, sekitar 11.208 warga perumahan terdampak banjir.

Kasie Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten , Adam Hamdani, mengatakan banjir yang melanda Desa Bojong Kulur terjadi pada Rabu malam pukul 22.15 WIB dan baru surut pada Kamis, 17 Februari 2022 dini hari.

“Banjir terjadi di Perumahan Villa Nusa Indah 1 dan 2. Akibat di hulu dan meluapnya aliran Sungai Cileungsi, mengakibatkan banjir dengan ketinggian air 130 sampai 160 centimeter,” kata Adam dikonfirmasi, Kamis, 17 Februari 2022, dikutip Beritasatu.

Adam memaparkan, dari 17 RW di Perumahan Villa Nusa Indah total rumah yang terdampak sebanyak 3.200 rumah. Di ribuan rumah tersebut terdapat 3.052 kepala keluarga (KK) dengan 11.208 jiwa.

Berdasarkan data terakhir, kata dia, 53 jiwa mengungsi di rumah sanak saudaranya. Sementara itu enam orang terkonfirmasi pasien Covid-19 yang sementara diungsikan di SDN 1 Bojong Kulur.

Selain berdampak pada rumah warga, kata Adam, sejumlah fasilitas umum juga terdampak banjir. Di antaranya, enam masjid di RW 13, 17, 21, 22, 24 dan 28. Serta tiga sekolah di Sekolah Akbid Bunda Auni, Sekolah Harapan Bunda, Sekolah Daarel Salam.

“Dalam banjir ini tidak ada korban jiwa. BPBD bersama aparat dan warga setempat membutuhkan waktu 5 jam 30 menit hingga Kamis subuh. Sambil melakukan evakuasi warga ke lokasi yg lebih aman termasuk pasien Covid-19,” ujarnya.

Adam menjelaskan, selama BPBD Kabupaten terus melakukan pemantauan terhadap Tinggi Muka Air (TMA) di Sungai Ciliwung, sambil menyebarkan peringatan dini melalui Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C).

“Kami juga berkoordinasi dengan Bendung Bekasi dan memfungsikan pompa banjir. Sekitar pukul 02.00 WIB, ketinggian banjir mulai surut 20 centimeter,” kata Adam.

Sementara itu, berdasarkan analisa BPBD Kabupaten , banjir di Desa Bojong Kulur dicegah jika program pengendalian banjir dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) sudah terealisasi. Menurut Adam, pompa air juga efektif mempercepat pengeringan dan meminimalisir endapan lumpur.

“Pada saat bencana perlu juga dibuatkan protokol kesehatan Covid-19,” ujarnya.

Ketua KP2C, Puarman, mengatakan berdasarkan data yang ada di KP2C, pada pukul 22.00 WIB Sungai Ciliwung berada dalam Siaga 1 dengan tinggi muka air (TMA) 400 centimeter (normal 100 centimeter). Sedangkan, aliran air di pertemuan Sungai Cileungsi dan Cikeas, juga dalam Siaga 1 TMA 710 cm (normal 350 centimeter).

Hingga Kamis pagi, 17 Februari 2022, kondisi aliran Sungai Cileungsi dalam kondisi normal dengan TMA 60 centimeter, Hulu Cikeas normal 160 centimeter, dan pertemuan sungai Cileungsi dan Cikeas berada dalam Siaga 2 TMA 480 centimeter.

Sementara, lokasi banjir saat ini mendung dan sisa banjir meninggalkan sampah dan lumpur. “Sebagian sejak pagi mulai melakukan pembersihan sekitar banjir,” ujarnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here