Indahnya Ulu Kasok, Raja Ampat KW di Riau!

Menu

Mode Gelap
Pakai Mobil Mercy, Perempuan Ini Maling Cokelat di Minimarket Gereja di Mesir Kebakaran, 41 Tewas Termasuk 18 Anak-anak Jadwal dan Lokasi Sim Keliling Kota Bogor, Senin 15 Agustus 2022 Pencuri Jadi Bulan-bulanan Warga, Sempat Todong Pistol Bharada E Dipastikan Aman di Rutan Bareskrim Polri

Wisata · 20 Feb 2022 12:01 WIB

Indahnya Ulu Kasok, Raja Ampat KW di Riau!


 Ulu Kasok di Desa Pulau Gadang, Kabupaten Kampar. (Jalanbareng/Bogordaily.net) Perbesar

Ulu Kasok di Desa Pulau Gadang, Kabupaten Kampar. (Jalanbareng/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Provinsi Riau punya wisata mirip Raja Ampat, bernama Ulu Kasok. Lokasi wisata tersebut berada di Desa Pulau Gadang, Kabupaten Kampar. Dari Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru bisa langsung menuju Desa Pulau Gadang dengan memerlukan 2-3 jam perjalanan.

Enggak sulit mencari destinasi wisata ini. Begitu melewati Kantor Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kota Panjang, cukup perhatikan petunjuk arah ke Ulu Kasok.

Untuk menikmati lanskap danau, kamu harus mendaki bukit setinggi 500 meter. Jika ingin lebih ringan, bisa menyewa ojek untuk ke atas puncak dengan cukup bayar Rp10 ribu saja.

Ulu Kasok

Sesampainya di puncak, segala kelelahan itu terbayar lunas. Dari ketinggian itu pesona alam mirip Raja Ampat di Papua bisa kamu nikmati.

Air yang kehijauan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen. Berbeda dengan Raja Ampat yang pemandangan terdiri dari pulau karang berbalut birunya lautan.

Sebelum berubah menjadi danau, kawasan ini adalah perkampungan masyarakat. Hingga pada 1991, terdapat Proyek Listrik Tenaga Air (PLTA) yang memerlukan danau buatan.

Ulu Kasok

Air dari danau itu digunakan untuk menggerakkan turbin. Kemudian Desa Ulu Kasok ditenggelamkan dan penduduknya dievakuasi. Pulau-pulau yang tampak di danau itu, dulunya merupakan perbukitan yang mengelilingi desa.

Untuk melihat pesona Ulu Kasok cukup membayar biaya parkir Rp10 ribu hingga Rp15 ribu saja. Agar enggak begitu ramai, maka datang saja Senin hingga Jumat. Sementara kalau akhir pekan selalu penuh pengunjung.***

Artikel ini telah dibaca 300 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Asik! Tebet Eco Park Kembali Dibuka untuk Umum Hari Ini

15 Agustus 2022 - 06:33 WIB

Tebet Eco Park

Kaya Akan Destinasi Wisata, Air Terjun Tirta Buana Bali Jadi Buruan Para Turis

13 Agustus 2022 - 09:51 WIB

Air Terjun Tirta Buana Bali

Perosotan Seru di Rainbow Slide Lembang, Ini Harga Tiket Masuk dan Lokasinya

12 Agustus 2022 - 21:37 WIB

Harga Tiket Rainbow Slide Lembang

Ulasan Lengkap, Harga Tiket, Jam dan Fasilitas Taman Fathan Hambalang Bogor

12 Agustus 2022 - 16:49 WIB

Indahnya, Destinasi Wisata Khusus Muslim di Australia, Ada Istana dan Berlimpah Makanan Halal

11 Agustus 2022 - 16:49 WIB

Atlas Beach Fest, Tempat Mewah Menikmati Pantai Indah di Bali

11 Agustus 2022 - 15:01 WIB

Trending di Wisata