Saturday, 20 April 2024
HomeNasionalIni Kronologi Sengkarut Kasus di Desa Wadas

Ini Kronologi Sengkarut Kasus di Desa Wadas

Bogordaily.net – Persoalan pembangunan Bendungan Bener yang merupakan proyek strategis di , Jawa Tengah berbuntut panjang usai adanya penolakan dari sebagian warga. pun membeberkan kronologi kasus tersebut.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyebut proyek pembangunan bendungan sudah berlangsung sejak 2018 yang lalu. Warga yang menolak pembangunan kemudian melakukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang.

“Pembangunan bendungan dimulai sejak 29 Oktober 2018 sampai sekarang. Namun, belum bisa terselesaikan karena adanya gugatan pada tanggal 23 Juli 2021 dari warga terhadap Pemrov Jateng ke PTUN Semarang,” kata Ramadhan di , Jakarta, dikutip dari RMOL, MKamis 10 Februari 2022.

Hasil dari gugatan tersebut, PTUN menolak gugatan dari warga. Kemudian, pada 6 Desember 2021 bertempat di kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jateng, dilakukan mediasi antar pihak warga yang pro dan kontra terkait proyek tersebut.

“4 Januari 2022, Bapak Kapolda Jateng, Gubernur dan Pangdam membentuk tim work untuk menyelesaikan kasus Wadas tersebut,” beber Ramadhan.

Polda Jateng kemudian menerima permintaan bantuan pengamanan pengukuran dari PUPR. Pada 6 Februari 2022 pengamanan sudah dilakukan dan pada 8 Februari 2022 proses pengukuran dilakukan.

“Telah melakukan tahapan-tahapan pengamanan tentu tahapan melakukan negoisasi kepada masyarakat yang kontra dan satgas pengamanan melakukan pendampingan menuju objek pengukuran yang sudah ditentukan bersama tim pengukur sampai selesai,” kata Ramadhan.

Klaim Ada Provokasi

Dalam prosesnya, massa kontra proyek ini memprovokasi warga yang sedang diukur tanahnya. Alhasil, polisi sempat mengamankan puluhan orang.

“Terhadap kelompok-kelompok yang kontra dan memprovokasi warga yang diukur tanahnya, Satgas Gakkum melakukan pengamanan,” paparnya.

Setelahnya, pihak kepolisian pun meninggalkan lokasi. sendiri sudah memastikan bahwa puluhan warga yang diamankan sudah dikembalikan ke keluarganya masing-masing.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here