Friday, 17 May 2024
HomeTravellingIntip Goa Pinus Bekas Galian Orang Jepang di Kota Batu

Intip Goa Pinus Bekas Galian Orang Jepang di Kota Batu

Bogordaily.net – Mengupas tentang di Kota Batu, Jawa Timur, seakan enggak pernah ada habisnya. Kota ini kerap kali menyuguhkan objek- yang menarik.

Apalagi banyak pilihan yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata alam, wisata buatan, hingga kafe-kafe instagramable.

Salah satu yang kini masih cukup hits adalah di Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji. Dinamakan karena di sini terdapat sebuah gua yang diyakini merupakan bekas galian orang-orang Jepang pada zaman penjajahan.

Anehnya, gua tersebut berukuran cukup kecil dengan kedalamannya hanya 5 meter dan tingginya hanya 1,5 meter. Karena berada di antara hutan pinus, akhirnya ini dinamakan .

Goa Pinus
(Kepengen Wisata/Bogordaily.net)

Untuk menarik perhatian pengunjung, di mulut gua diberi ornamen berupa manusia pohon. Goa Pinus menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indah. Dari sini pengunjung bisa melihat panorama Gunung Arjuno dan hamparan Kota Batu dari atas ketinggian.

Enggak hanya itu, Goa Pinus juga memiliki banyak spot foto yang menarik. Salah satu spot foto yang menjadi andalan Goa Pinus adalah Kampung Papua dengan miniatur rumah adat Papua, yaitu Rumah Honai yang biasanya dihuni oleh Suku Dani di daerah Lembah Baliem.

Selain itu terdapat pula spot foto berupa perahu terdampar di tepi tebing. Sementara jauh dibawahnya ada Kampung Brau yang merupakan kampung penghasil susu sapi segar terbesar kedua di Kota Batu. Enggak jauh dari lokasi perahu, ada spot foto lain berupa Pulau Terapung.

Spot foto ini cukup difavoritkan oleh para pengunjung karena menawarkan panorama Gunung Arjuno. Jadi, pengunjung harus rela antri untuk mengabadikan diri di sana.

Goa Pinus
(Liburanyuk/Bogordaily.net)

Spot-spot foto lainnya juga dapat dijumpai ketika menyusuri ini, seperti terowongan dan sarang burung yang dibuat dari bambu, balon udara dan masih banyak lagi. Karena berada di perbukitan, ini memiliki kualitas udara bagus dan sejuk.

Jadi cocok untuk healing atau menghilangkan rasa penat karena rutinitas sehari-hari. Kalau kamu ingin ke Goa Pinus, lokasinya cukup mudah dijangkau karena searah dengan jalur menuju wisata Anjungan Paralayang di Gunung Banyak yang sudah sangat terkenal.

Motor dan mobil bisa mengaksesnya, baik dari arah Desa Gunungsari Kota Batu maupun Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Harga tiket masuknya hanya Rp10 ribu per orang dan jam bukanya mulai pukul 07.00-17:30 WIB.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here