Thursday, 25 April 2024
HomeEkonomiKabar Gembira Bagi Pelaku UMKM, Pemerintah Segera Beri Bantuan

Kabar Gembira Bagi Pelaku UMKM, Pemerintah Segera Beri Bantuan

Bogordaily.net – Di tengah ancaman varian Omicron virus Covid-19,  kembali melanjutkan pemberian kepada UMKM.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan kelompok UMKM yang akan menerima di kuartal I/2022 mencakup pemilik warung, pedagang kaki lima, hingga nelayan.

Ada 2,76 juta usaha yang mendapatkan langsung tunai (BLT) sebesar Rp600.000,” kata Airlangga dalam Seminar Nasional: Akselerasi Perekonomian Daerah untuk Memacu Pemulihan Ekonomi Nasional yang digelar secara virtual, Selasa 8 Februari 2022.

Dari 2,76 juta UMKM  yang dimaksud, sebanyak 1 juta di antaranya menyasar pedagang kaki lima atau pemilik warung. Sementara 1,76 juta lainnya akan diberikan kepada nelayan yang tergolong penduduk miskin ekstrem.

Menurut Airlangga, BLT itu akan disalurkan ke 212 kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang termasuk target pengentasan kemiskinan ekstrem pada 2022. Penyaluran akan turut melibatkan TNI dan Polri, ujar Airlangga.

Di sisi lain, juga akan melanjutkan program insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung (PPN DTP) untuk sektor perumahan.

Program ini akan memberikan insentif sebesar 50% pada pembelian rumah tapak atau rumah susun dengan harga jual paling tinggi Rp2 miliar.

Sedangkan untuk rumah tapak atau rumah susun dengan harga jual Rp2 miliar hingga Rp5 miliar, nilai insentifnya sebesar 25%.

Realisasi program-program ini diharapkan dapat membuat ekonomi negara pada kuartal I/2022 tumbuh positif. “Front loading ini didorong agar kuartal I/2022 bisa tumbuh positif,” tandasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here