Friday, 26 April 2024
HomeKabupaten BogorKenali STAI Al-Hidayah, Kampus Bersyari'ah Islami yang Unggul dan Berakhlak Mulia

Kenali STAI Al-Hidayah, Kampus Bersyari’ah Islami yang Unggul dan Berakhlak Mulia

Bogordaily.net – Berlokasi di Jalan Raya Dramaga Km 7, Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hidayah merupakan kampus bersyari'ah, islami, unggul, dan berakhlak mulia.

Berdiri tahun 1999 dan mendapat izin operasional dari Departemen Agama 2001, saat ini STAI Al-Hidayah sudah terakreditasi oleh BAN PT dengan Peringkat Akreditasi BAIK.

STAI Al-Hidayah memiliki 5 Program Studi (Prodi) yakni:

1. Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Program Sarjana, Peringkat Akreditasi B,
2. Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (IAT) Program Sarjana, Peringkat Akreditasi B,
3. Prodi Hukum Keluarga Islam (ASH) Program Sarjana, Peringkat Akreditasi BAIK,
4. Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Program Sarjana, Peringkat Akreditasi C,
5. Prodi Perbankan Syariah (PS) Program Diploma, Peringkat Akreditasi BAIK.

Para mahasiswa dibimbing oleh dosen tetap yang terdiri dari 14 Doktor, 7 Kandidat Doktor, 19 Magister. Adapun dosen tetap yang sudah tersertifikasi sebagai dosen profesional sebanyak 16 dosen, dan dosen tetap dengan kepangkatan Lektor ada 37 dosen dan asisten ahli 3 dosen.

Berikut adalah jurnal ilmiah berkala yang dimiliki dan sudah terakreditasi Sinta di Ristek Brin:

1. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Terakreditasi Sinta 2
2. Al-Mashlahah: Jurnal Hukum Islam dan Pranata Islam, Terakreditasi Sinta 3
3. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, Terakreditasi Sinta 4
4. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Terakreditasi Sinta 4
5. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Terakreditasi Sinta 6
6. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Sedang Proses Akreditasi
7. Huda Cendekia Muda: Jurnal Ilmiah, Sedang Proses Akreditasi.

Prestasi STAI Al-Hidayah yang sudah diraih :

Tahun 2021
30 November 2021: Peringkat Terbaik II Sekolah Tinggi Keagamaan Islam Swasta (STKIS) Se Wilayah II Jawa Barat, dari Koordinatorat Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) Wilayah II Jawa Barat.
30 November 2021: Peringkat I Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) dengan Jurnal Terakreditasi Terbanyak Se Wilayah II Jawa Barat, dari Koordinatorat Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) Wilayah II Jawa Barat.

Tahun 2020
1 Desember 2020: Peringkat Terbaik I Sekolah Tinggi Keagamaan Islam Swasta (STKIS) Se Wilayah II Jawa Barat, dari Koordinatorat Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) Wilayah II Jawa Barat.
1 Desember 2020: Peringkat I Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) dengan Jurnal Terakreditasi Terbanyak Se Wilayah II Jawa Barat, dari Koordinatorat Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) Wilayah II Jawa Barat.

Tahun 2019
November 2019: Peringkat Terbaik VII Sekolah Tinggi Keagamaan Islam Swasta (STKIS) Se Wilayah II Jawa Barat dan Banten, dari Koordinatorat Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) Wilayah II Jawa Barat dan Banten.

Tahun 2018
12 November 2018: Peringkat Terbaik II Sekolah Tinggi Keagamaan Islam Swasta (STKIS) Se Wilayah II Jawa Barat dan Banten, dari Koordinatorat Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) Wilayah II Jawa Barat dan Banten.

Tahun 2017
14 November 2017: Peringkat Terbaik I Sekolah Tinggi Keagamaan Islam Swasta (STKIS) Se Wilayah II Jawa Barat dan Banten, dari Koordinatorat Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) Wilayah II Jawa Barat dan Banten.

Mahasiswa STAI Al-Hidayah aktif yang tercatat di Pangkalan Data Dikti sampai saat ini 988 mahasiswa, dan alumni yang sudah lulus dan sudah berkifrah di dunia kerja sesuai bidang keilmuannya sebanyak 1.252 alumni.

Pengembangan kelembagaan STAI Al-Hidayah ke depan, pada tahun 2022 akan membuka beberapa program studi baru dan beralih status ke institut.

Untuk penerimaan mahasiswa baru  bisa menghubungi telp ke 0251-8625187, atau email [email protected] dan website www.staia.ac.id.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here