Saturday, 4 May 2024
HomeKulinerKenyangkan Weekendmu Dengan Menyicip Surabi Bogor Sukasari

Kenyangkan Weekendmu Dengan Menyicip Surabi Bogor Sukasari

Bogordaily.net – Selain akan pesona wisata alamnya, Bogor juga terkenal kulinernya yang melimpah. Nah, salah jajanan tradisional Bogor yang tak lekang oleh jaman dan masih bisa kalian temui adalah Surabi Bogor Sukasari.

Surabi Duren Sukasari mulai beroperasi dari awal tahun 2002-an. Termasuk kedai jadul bukan hanya dari usia operasionalnya, tetapi juga dari menu yang ditawarkan. Menu utama kedai ini sudah pasti surabi, makanan khas Jawa Barat yang terkenal sampai ke berbagai wilayah.


Olahan dari campuran tepung beras dan santan kelapa ini dimasak menggunakan tungku dari tanah liat dan dipanggang di atas bara api, membuat cita rasa surabi selalu diburu mereka yang rindu tradisional.

Surabi biasanya disajikan dalam keadaan hangat taburan topping manis hingga gurih. Cocok dinikmati di kota Bogor yang cenderung bersuhu dingin dari sore menjelang malam hari.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk memasak surabi, yakni menggunakan tungku traditional atau pan modern, tetapi akan sedikit mempengaruhi rasa.

Di Surabi Duren Sukasari setiap menu surabi akan dimasak saat ada pesanan, jadi tak akan kecewa mendapatkan sajian dingin.

Pengunjung bisa menyaksikan secara langsung proses memasak surabi. Buat saya yang sehari-hari tinggal di kota, melihat proses memasak yang masih traditional adalah suatu hal yang menarik.

Setiap kali berganti menu surabi, tungku akan dibersihkan terlebih dahulu, kemudian dituang kembali menggunakan adonan yang baru. Memang proses memasak seperti ini tergolong agak lama.

Sangat disarankan mencoba beberapa topping sekaligus dalam sekali order ya. Pilihannya banyak banget, menyesuaikan selera pelanggan yang mungkin kurang suka manis atau berani bereksperimen rasa.

Kedai ini tak memiliki best seller menu, karena semuanya laris. Mulai dari topping standart seperti coklat, keju, duren, nangka dan kinca, atau juga bisa mengeksplor gabungan rasa surabi gurih manis lelehan mozarela, ayam, telur, sosis sampai oncom.

Untuk harga dibanderol mulai dari Rp9.000 sampai yang paling mahal cuma Rp15.000.

Menu lain yang bisa kamu coba adalah colenak (olahan tape bakar yang disuguhkan topping), pisang bakar, roti bakar, indomie, dan beberapa pilihan minuman jus, serta minuman hangat seperti bandrek, coklat dan kopi seduh. Untuk minuman, maksimal uang yang harus kamu keluarkan hanya Rp10.000.

budget Rp50.000, kalian sudah bisa dibuat kenyang dan puas hangout di tempat ini.

Selain itu tempat parkirnya lumayan luas bisa menampung sekitar 10 mobil. Sebaiknya bila ingin berkunjung jangan terlalu malam ya, karena Bogor masih menerapkan jam malam dan kedai hampir selalu full. Kedai Surabi Duren Sukasari buka setiap hari mulai pukul 11 pagi. Kamu juga bisa melakukan pemesanan melalui online food service.

Selain itu, sangat disarankan menjalankan protokol kesehatan secara mandiri. Saat kedai ramai, tidak ada pemeriksaan suhu tubuh, tapi tetap menyediakan hand sanitizer dan tata ruang dibuat berjarak.*** 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here