Thursday, 18 April 2024
HomeKota BogorKeren! UIKA Bogor Peringkat 10 Besar Perguruan Tinggi Terbaik di Jawa Barat

Keren! UIKA Bogor Peringkat 10 Besar Perguruan Tinggi Terbaik di Jawa Barat

Bogordaily.net– (UIKA) patut diacungi jempol. Sebab, salah satu kampus swasta yang berada di kawasan Sholeh Iskandar, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor itu masuk dalam jajaran sepuluh besar perguruan tinggi terbaik di Jawa Barat.

“Alhamdulillah, UIKA masuk dalam jajaran 10 besar perguruan tinggi terbaik di Jawa Barat versi Sinta Index Kemendikbudristek,” ujar Humas UIKA Nurdin Al-Azies dalam keterangannya.

berada di peringkat sepuluh tingkat regional Jawa Barat dalam Affiliations by 3 Years Sinta Score Sinta 2022. Pada pemeringkatan tersebut, urutan pertama diraih Universitas Indonesia. Kemudian peringkat kedua Institut Teknologi Bandung (ITB), disusul peringkat ketiga Institut Pertanian Bogor (IPB) lalu Universitas Padjajaran peringkat keempat dan Universitas Pendidikan Indonesia ada di posisi kelima.

Selanjutnya tercatat berada di posisi ke sepuluh. Sedangkan di tingkat nasional, masuk 100 besar tepatnya peringkat ke-87 by 3 Years Sinta Score tahun 2022.

Hasil ini membuktikan sebagai institusi pendidikan dan penelitian tetap konsisten menghasilkan karya-karya penelitian yang diakui.

Sementara itu pemeringkatan ini termuat pada laman web http://sinta2.ristekdikti.go.id, sebuah website Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI yang khusus didedikasikan untuk mengukur kinerja peneliti, institusi, dan jurnal di Indonesia.

Sinta memberikan tolak ukur dan analisis, identifikasi kekuatan penelitian masing-masing lembaga untuk mengembangkan kemitraan kolaboratif, untuk menganalisis kecenderungan penelitian dan direktori ahli.

Pertengahan Februari ini tercatat 5.220 lembaga dengan lebih dari 200.000 peneliti atau dosen, 6.925 jurnal, 66.911 buku dan 70.754 kekayaan intelektual/paten sudah diindex oleh Dikti dan UIKA menempati peringkat ke 87 perguruan tingkat nasional.

Sementara itu untuk peringkat perguruan tinggi swasta nasional UIKA menempati urutan 32 dari 5.220  lembaga yang terdaftar.

Pemeringkatan ini diharapkan dapat memincu instansi dan perguruan tinggi untuk mendokumentasikan penelitiannya dengan baik, juga memudahkan pendataan publikasi dan karya dari dosen, peneliti, institusi, dan jurnal di Indonesia sehingga bisa diukur instansi mana saja yang index sains dan teknologinya baik.

Sebelumnya juga meraih dua penghargaan sekaligus dari total delapan anugerah yang digelar Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI IV) Wilayah IV Jawa Barat (Jabar) dan Banten dan yang diselenggarakan di Bandung, Rabu, 9 Februari 2022 lalu.

Kedua penghargaan yang diraih yakni Kepatuhan pengisian Simonev dan Pelaporan PD-DIKTI Terbaik. Penilaian dua kriteria itu dilakukan berdasarkan data yang diterima LLDIKTI Jabar dan Banten dan melakukan penilaian secara menyeluruh terhadap 450 PTS baik swasta dan negeri.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here