Thursday, 25 July 2024
HomeKabupaten BogorKetua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto Minta Permenaker Tentang JHT yang Cair...

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto Minta Permenaker Tentang JHT yang Cair di Usia 56 Tahun Dicabut

Bogordaily.net – Penolakan buruh terkait terkait pencairan Jaminan Hari Tua () di usia 56 tahun mendapatkan dukungan dari Kabupaten Bogor .

Bahkan Rudy meminta Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziah mencabut Nomor 2 Tahun 2022 tersebut.

tersebut mengatur pencairan dana program BPJS Ketenagakerjaan baru bisa diambil saat usia buruh mencapai 56 tahun atau meninggal dunia.

Sebab, kebijakan yang akan diberlakukan mulai Mei 2022 tersebut dinilai sangat merugikan pekerja.

“Kami telah menerima aspirasi buruh di daerah kami dan kami meminta kepada Menaker agar Nomor 2 Tahun 2022 dicabut,” ujar , Rabu 16 Februari 2022.

Politisi Gerindra itu menilai, kebijakan pencairan dana sebesar 30 persen dari peserta BPJS yang sudah mencapai 10 tahun, juga bukan solusi tepat.

Sebab, bila pekerja sudah tidak punya ikatan kerja lagi dengan perusahaan sebaiknya diberi keleluasaan untuk mencairkan dana JHT.

Pekerja yang terkena PHK sangat sulit untuk bisa bekerja lagi di perusahaan, karena kalah bersaing dengan angkatan kerja yang lebih muda.

Karena itu dana JHT dibutuhkan untuk modal membuka usaha kecil seperti UMKM dan sejenisnya.

“Apalagi selama dua tahun pandemi covid-19, sektor industri dan jasa melemah dan membuat para pengusaha terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK),” kata Rudy.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here