Tuesday, 30 April 2024
HomeNasionalKPK Terus Mengusut Perusahaan yang Berikan Aliran Uang ke Mantan DPJ Kemenkeu

KPK Terus Mengusut Perusahaan yang Berikan Aliran Uang ke Mantan DPJ Kemenkeu

Bogordaily.net – Terkait kasus korupsi yang menyeret mantan Direktorat Jendral Pajak Kemeenterian Keuangan (DPJ Kemenkeu) Wawan Ridan dan Alfred Simanjuntak, Komisi Pemberantasan Korupsi () akan yang diduga memberikan uang ke dua mantan pejabat tersebut.

Dalam dakwaan Wawan dan Alfred, setidaknya ada delapan dan satu orang yang disebut turut memberikan suap kepada keduanya.

“Pada prinsipnya sekali lagi selalu dalam perkaranya mengembangkan kemungkinan-kemungkinan adanya tindak pidana lain, dan kemungkinan adanya keterlibatan pihak lain,” kata Plt Juru Bicara Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis 10 Februari 2022.

Delapan itu yakni PT Link Net, PT Esta Indonesia, PT Sahung Brantas Energi, PT Rigunas Agri Utama, CV Perjuangan Steel, PT Indolampung Perkasa, PT Walet Kembar Lestari, dan PT Gunung Madu Plantations. Sementara satu pihak yang diduga menyuap Wawan dan Alfred adalah Ridwan Pribadi.

Ali mengatakan, tim jaksa penuntut umum pada KPK bakal mendalami - tersebut dalam persidangan. Nantinha, fakta dalam persidangan tersebut akan menjadi acuan tim penyidik KPK untuk mengembangkan kasus.

“Kita melihat dulu fakta-fakta persidangan ini lebih dahulu ya. Dan utamanya juga nanti di putusan majelis hakim seperti apa ketika memutus perkara dengan terdakwa Wawan Ridwan,” ujarnya.

Dia memastikan, jika nantinya dalam surat putusan yang dibacakan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor dalam perkara ini menyatakan keterlibatan delapan dan satu pihak ini, maka akan ditindaklanjuti tim penyidik.

“Sekali lagi sepanjang kemudian ditemukan cukup bukti ada keterlibatan pihak lain termasuk di perkara dengan terdakwa ini pasti akan dikembangkan lebih jauh,” tutupnya.

Sebelumnya, Wawan Ridwan dan Alfred Simanjuntak didakwa menerima gratifikasi masing-masing total Rp2,4 miliar.

Penerimaan gratifikasi itu dilakukan bersama-sama Direktur Pemeriksaan dan Penagihan pada Direktorat Jenderal Pajak Tahun 2016-2019 Angin Prayitno Aji, dan Kepala Sub Direktorat Kerjasama dan Dukungan Pemeriksaan Direktorat Jenderal Pajak Tahun 2016-2019 Dadan Ramdani, dan anggota tim pemeriksa pajak Yulmanizar dan Febrian.

Sembilan wajib pajak yang mengguyur Wawan dan Alfred di antaranya;

1. PT Sahung Brantas Energi (Wawan dan Alfred masing-masing menerima Rp80 juta)
2. PT Rigunas Agri Utama (Wawan dan Alfred masing-masing menerima Rp168,750 juta)
3. CV Perjuangan Steel (Wawan dan Alfred masing-masing menerima Rp625 juta dalam bentuk dolar Amerika Serikat)
4. PT Indolampung Perkasa (Wawan dan Alfred masing-masing menerima SGD62.500)
5. PT Esta Indonesia (Wawan dan Alfred masing-masing menerima Rp450 juta)
6. Ridwan Pribadi (Wawan dan Alfred masing-masing menerima Rp187,5 juta)
7. PT Walet Kembar Lestari (Wawan dan Alfred masing-masing menerima Rp150 juta)
8. PT Link Net (Wawan dan Alfred masing-masing menerima SGD8.750)
9. PT Gunung Madu Plantations (Wawan dan Alfred masing-masing menerima tiket pesawat sebesar Rp594.900 dan hotel sejumlah Rp448.000). ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here