Friday, 3 May 2024
HomeKabupaten BogorLibur Isra Mikraj, Jalur Puncak Macet

Libur Isra Mikraj, Jalur Puncak Macet

Bogordaily.net–Kepadatan arus lalu lintas terjadi di kawasan , Kecamatan Cisarua, . Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur Isra Mikraj itu, mengakibatkan kemacetan. Seperti yang  terjadi malam ini, Minggu, 27 Februari 2022.

Berdasarkan video yang diterima Bogordaily.net, seorang pengendara motor terlihat menghentikan kendaraan di pinggir jalan. Tampak kemacetan terlihat di sekitar lokasi.  Warganet yang menyaksikan video yang diunggah di akun Instagram @bogordailynews itu pun menuangkan beragam komentarnya.

“Alhamdulillah sudah sampai rumah, turun jam 1 dari gunung mas, bbrp kalo rest, di arahkan sama pak polisi lewat alternatif taman safari tembus Gadog. Ciawi-Tajur-Bogor kota macet namun ada pergerakan, jam 9 sampai Cibinong,” ujar seorang warganet.

“Bknnya happy malah stres macet kitu,” kata seorang warganet.

Sementara itu Satlantas Polres Bogor sempat menerapkan sistem one way atau satu arah dari arah menuju Jakarta pada siang hari.

Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata mengatakan pemberlakuan aturan tersebut untuk mengurai kemacetan yang terjadi di sekitar lokasi. Dia menyebut antrean kendaraan terjadi di area persimpangan Gadog.

“Proses one way arah atas untuk mengurangi kepadatan arus. Agar tidak terjadi kepadatan lebih panjang. Antrean sendiri terjadi di Persimpangan Gadog,” ujar Dicky dikutip dari Detik.com.

Pihaknya saat ini tidak menerapkan sistem ganjil-genap di lokasi. Aturan itu akan diberlakukan jika kemacetan dapat terurai.

“Kalau sedang berlangsung one way, kita tidak bisa menjalankan ganjil-genap. Kita lihat arusnya dulu, kalau sudah bisa kita menormalkan ya kita kembalikan lagi. Kalau tidak, ya kita terapkan dulu,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menyebut sebanyak 347.711 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek sejak Jumat 25 Februari 2022.

Ia mengatakan angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah ), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

Untuk lalin yang meninggalkan Jabotabek menuju arah selatan atau melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi kata dia, sebanyak 83.870 kendaraan, naik sebesar 30,02 persen dari lalin normal.

“Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 27,12 persen jika dibandingkan lalin normal periode Februari 2022 dengan total 273.539 kendaraan,” ujar Heru, kepada wartawan dilansir dari Suara.com, Minggu, 27 Februari 2022.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan) saat berada di rest area, isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here