Saturday, 20 April 2024
HomeKabupaten BogorMacet Hingga Belasan Jam, Polisi Sebut Jutaan Motor Masuk ke Kawasan Puncak

Macet Hingga Belasan Jam, Polisi Sebut Jutaan Motor Masuk ke Kawasan Puncak

Bogordaily.net – Kemacetan yang terjadi di Cisarua, Kabupaten Bogor didominasi kendaraan roda dua. Petugas kepolisian menyampaikan ada jutaan roda dua atau motor masuk ke , pun begitu sebaliknya ke arah Jakarta.

“Benar memang semalam ada kepadatan karena roda dua yang menuju ke Puncak maupun ke Jakarta itu cukup membludak sehingga ada yang parkir di bahu jalan atau pun yang mengarah ke Puncak atau Jakarta itu banyak, sehingga mereka itu (pengendara roda dua, red) berebut jalan. Akibatnya, roda empat yang lainnya tidak bergerak,” ujar KBO Satlantas Polres Bogor, Iptu Ketut Laswarjana, Senin 28 Februari 2022.

Ketut menuturkan, kemacetan yang terjadi di itu terjadi sejak Minggu sore kemarin Senin dini hari tadi. Titik kemacetan berpindah dari titik Gadog Masjid Atta'awun Puncak. Akibat kemacetan juga banyak kendaraan mematikan kendaraannya di tengah jalan.

“Arus itu terjadi sejak sore sampai dengan pukul dua dini hari tadi. Sempat stagnan tidak bergerak. Bahkan beberapa kendaraan mematikan kendaraannya saking tidak bergeraknya. Stagnan namun berpindah pindah (titik ). Tidak bisa ditempat. Jadi pertama di bawah. Kemudian di taman Safari. Berpindah lagi diatasnya (arah kebun teh),” terangnya.

Ketut menyebut jumlah motor yang masuk mencapai jutaan. Hal itu melihat estimasi kemacetan ruas jalan dengan panjang jalan. Namun pihak Kepolisian Resor Bogor tidak memiliki jumlah pasti karena tidak mengecek mengunakan alat ataupun menyiagakan anggota yang menghitung jumlah kendaraan roda dua.

“Kalau kita prediksi bukan puluhan ribu tapi jutaan ya. Banyak sekali sepeda motor dari jakarta ke puncak dan sebaliknya. Sepanjang satu kilo roda dua semua. Namun kita tidak bisa memperkirakan angka realnya karena kita tidak ada apat mengecek ataupun anggota yang mengecek jumlah kendaraan roda dua yang naik maupun yang turun,” jelasnya.

Ketut menyampaikan sejak Minggu Sore, Satlantas Polres Bogor tetap mengantisipasi biar tidak terjadi kemacetan yang  berkelanjutan. Petugas gabungan terus mengurai kemacetan lalu lintas  dengan jam 02.00 WIB, Senin 28 Februari 2022 itu arus sudah kembali normal.

 

Heri Denasrul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here