Saturday, 27 April 2024
HomeKota BogorMahasiswa ITB Bersama Paguyuban Pemuda Bersatu Tarikolot Bantu Produsen Tapioka

Mahasiswa ITB Bersama Paguyuban Pemuda Bersatu Tarikolot Bantu Produsen Tapioka

Bogordaily.net – mengadakan desiminasi teknologi kepada para pelaku industri di kampung Tarikolot pada hari Sabtu, 19 Februari 2022. Teknologi ini dibuat dalam rangka kegiatan () tematik dan pengembangan profesi yang diselenggarakan oleh dan Rumah Amal Salman.

yang bertemakan “Perancangan dan Implementasi Teknologi Pedesaan” ini bertujuan untuk mengajak mahasiswa dalam mempertajam empati dan menerapkan keilmuannya, untuk menyelesaikan masalah yang dialami masyarakat pedesaan.

produksi tapioka

Teknologi yang didesiminasikan merupakan alat dan mesin sederhana yang dibuat oleh mahasiswa. Kurang lebih ada 3 produk teknologi yang didesiminasikan ke salah satu tempat pelaku industri, yakni mesin perajang endapan sagu tapioka, mini screenhouse portable berbasis arduino dan instalasi pengolahan ilmbah (IPAL) portable.

Pak Gito, pemilik industri rumahan memiliki testimoni terhadap salah satu produk teknologi khususnya untuk mini screenhouse.

“Sagu tapioka yang dikeringkan menggunakan mini screenhouse lebih cepat kering dan kualitas keringnya juga maksimal,” ucapnya.

Hal ini sejalan dengan tujuan dibuatnya teknologi tersebut, menurut Mauris perwakilan tim yang membuat mini screenhouse.

“Teknologi ini dibuat berdasarkan kendala yang dihadapi oleh pelaku industri rumahn yakni terhambat produksinya saat mendung dan hujan, kemudian saat cuaca terik pun masih membutuhkan waktu penjemuran tapioka setengah hari. Sementara alat yang kami design dirancang untuk membantu pengeringan tapioka walaupun disaat mendung dan hujan serta membutuhkan waktu lebih cepat dari pada penjemuran biasa,” tambahnya.

produksi tapioka

Keberhasilan dari kegiatan ini tidak terlepas dari pendampingan dan arahan dari dan Masyarakat Singkong Indonesia yang memang sudah lama memberdayakan para pelaku industri tapioka di kelurahan Ciluar Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here