Friday, 26 April 2024
HomeBeritaMain di Norwegia, Shayne Pattynama Segera Merumput ke Indonesia

Main di Norwegia, Shayne Pattynama Segera Merumput ke Indonesia

Bogordaily.net–Satu lagi nama pemain keturunan Indonesia yang kini berlaga di Eropa bakal merumput.  Anggota Komite Eksekutif (Exco) , Hasani Abdulgani menyebut akan memperkuat tim nasional.

“Ayahnya lahir di Semarang,” kata Hasani dikutip sari Instagram miliknya, @hasaniabdulgani, Selasa, 22 Februari 2022.

diakui Hasani sudah bersedia memperkuat . Oleh karena sebab itu, saat ini sedang dalan proses pengumpulan dokumen.

“Pattynama sudah mengirim surat pernyataan bersedia bermain untuk Timnas serta dokumen pendukung lainnya,” terangnya.

Shayne merupakan pemain asal Belanda yang merumput di liga kastan tertinggi Norwegia, Viking FK. Sang pemain memiliki darah Indonesia dari ayahnya.

Dilansir dari Suara.com, lahir di Lelystad, Belanda pada 11 Agustus 1998. Ia memulai kariernya di SV Lelystad '67 dan menimba ilmu di akademi Ajax pada 2007 hingga 2010. Debutnya sebagai pemain profesional terjadi pada 2017 bersama klub Jong Utrecht.

Saat pindah ke Viking FK pada 2021 lalu, Shayne sempat terhalang masalah izin kerja. Meski begitu pada akhirnya ia bisa bermain di klub Norwegia tersebut.

Bahkan Manajer Viking FK, Eirik Bjorno beberapa waktu lalu sempat mengutarakan kekesalannya karena pihak otoritas kesehatan Norwegia sangat mempersulit kedatangan pemain berdarah Indonesia itu.

“Saya memiliki Viking karena saya telah mendengar tentang minat mereka selama beberapa bulan terakhir. Saya berbicara dengan para pelatih dan sepertinya mereka punya rencana baik untuk saya. Itu memberi saya perasaan baik untuk klub,” ucapnya.

Shayne dalam wawancara dengan salah satu media Norwegia, tpsbladet.dk sempat mengutarakan soal darah Indonesia yang ia miliki serta makanan favoritnya.

Ia sempat mengaku bahwa sebagai penyuka soto mie. Bahkan pemain berposisi sebagai bek kiri itu mengungkap bahwa banyak makanan enak dari Indonesia.

“Ya, saya memilki akar budaya dan darah Indonesia. Ada banyak makanan enak yang datang dari sana, tapi soto mie mungkin adalah salah satu favorit saya,” katanya.

“Soto mie. Ini adalah makanan sejenis sup ayam dari Indonesia dengan nasi dan sayuran,” imbuhnya.

(Instagram @s.pattynama/Bogordaily.net)

Sebagai seorang bek kiri, Shayne Pattynama memiliki keunggulan soal kecepatan dan kemampuan menempatkan diri. Hal itu yang ia tunjukkan saat mencetak gol indah untuk Telstar pada 2020.

Shayne sempat mengakui bahwa dirinya ialah pengagum dari Cristiano Ronaldo dan Alphonso Davies.

“Saya terinspirasi oleh pola pikir Cristiano Ronaldo. Dia memberikan semua yang dia miliki setiap saat dan selalu berusaha untuk berkembang sebagai pesepak bola,” ucapnya kepada Dagsavisen.

Sementara itu sebelum Shayne, ada nama Tijjani Reijnders yang juga muncul. Namun, sang pemain dilaporkan tak berminat memperkuat .

Kini sedang mencari pemain keturunan Indonesia di Eropa sesuai rekomendasi dari Pelatih Shin Tae-yong demi memperkuat di berbagai kejuaraan yang akan datang. Saat ini sudah ada dua pemain keturunan yang mulai diproses cukup jauh untuk bisa memperkuat yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here