Thursday, 16 May 2024
HomeHiburanMasih Disorot Soal Pendidikan, Wirda Mansur Beber Alasan Cicipi Kuliah di Berbagai...

Masih Disorot Soal Pendidikan, Wirda Mansur Beber Alasan Cicipi Kuliah di Berbagai Negara

Bogordaily.net–Sepekan belakangan putri ustaz Yusuf Mansur, menjadi sorotan gara-gara latar belakang pendidikannya. Meski sudah menjelaskan alasannya kuliah di beberapa kampus di luar negeri, Wirda masih saja menjadi sasaran warganet.

kembali mengisyaratkan alasan lain di balik keputusannya kuliah di banyak kampus dan pindah-pindah. Dalam sebuah unggahan Instagram Story, ia  sedang melakukan throwback akun ask.fm lamanya

Wirda menjawab pertanyaan yang kemudian dia simpulkan sebagai alasan kenapa dirinya pindah-pindah kuliah.

“Terjawab ya kenapa pindah-pindah,” tulis sebagai keterangan dilansir dari Detik.com.

Seorang penggemar bertanya di ask.fm. “Orang tuamu selalu banggaain kamu lo. Di setiap ceramahnya mesti ada Wirda. Bahagia ya, nyenengin ortu gitu. Aku kapan?”

Yang kemudian dijawab cukup panjang:

“Iya I know. Di buku-buku bokap juga banyak banget nyeritain gue. Nama gue selalu disebut-sebut sama bokap anywhere everywhere. Sampai-sampai orang-orang tuh pada bilang, ustaz anaknya kan lima kenapa Wirda doang yang sering disebut? Kasihan sama adik-adiknya Wirda, Wirda mulu yang disebut.

That's what I said. Bokap gue naruh harapan yang besar banget sama gue. Dan jujur aja sih, sebenarnya gue agak keberatan juga karena saking besarnya harapan papa, hafal 30 juz lah, inilah, itulah. Tapi alhamdulillah dijalani saja. Mungkin karena gue anak pertama ya, tanggung jawabnya lebih besar. Adik gue 4, yang mimpin Daarul Qur'an kelak juga gue. Jadi udah apa ya, disiapin gitulah intinya. Berat banget bener dah. Di antara 4 adik gue, gue yang paling, paling keras dididiknya. Mau dikirim ke penjara lah, ditempatin dari satu pesantren ke pesantren lainnya, sekolah di satu negara ke negara lain. Gitu mele. Lah adek-adek gue mana mau begitu,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan heboh menjadi perbincangan lantaran dituduh berbohong soal latar belakang pendidikannya.

Sebuah akun Twitter dengan nama @strawbeelly membuat sebuah thread yang membahas data-data mengenai latar belakang pendidikan Wirda. Di akun Linkedin, Wirda mengaku sebagai lulusan dari University of Oxford. Namun, sesi tanya jawab melalui Instagram, Wirda justru mengaku mengenyam S-1 di jurusan Business Enterprise di UoB atau University of Birmingham.

Perempuan kelahiran 29 November 2001 itu juga mengatakan saat ini belum sempat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S-2. Ia juga terdata sebagai mahasiswa Institut Daarul Quran Jakarta. Warganet semakin bingung dengan lampiran data lain yang menjelaskan bahwa adalah mahasiswa di Institut Daarul Quran atau kampus milik sang ayah.

Warganet pun mempertanyakan tentang latar , sebab data dan jawaban yang dia berikan tidak sesuai. Akun yang sama juga menyebutkan bahwa hanya mengambil summer class di Oxford, dan bukanlah lulusan dari universitas bergengsi tersebut.

Menanggapi ramainya pemberitaan tersebut, buka suara. Ia membantah kabar yang menyebut kuliah di tiga kampus, melainkan yang benar adalah empat kampus.

“Jadi gini ya banyak yang bilang, katanya gue kuliah di tiga kampus. Iya itu bohong, tapi sebenarnya bukan tiga tapi empat, Say,” ujarnya melalui Instagram Story @wirda_mansur bebarapa waktu lalu.

Ia menjelaskan awal permasalahan latar belakang pendidikannya. Pada 2017, Wirda mengaku mengambil International Baccalaureate (IB) di Universitas Oxford tetapi tidak sampai selesai. Lalu pulang ke Indonesia dan mendaftar di kampus lain yakni Raffles University.

“Tahun 2017 gue sempet S-1. Gue gak lama di sana Cuma sampai tiga semester. Abis itu gue out,” sambungnya.

Lalu pada 2018, Wirda mengambil gap year atau cuti dan memutuskan rehat sejenak selama setahun. Ia pun mendaftar lagi pada 2019 di The University of Buckingham atau UoB di Inggris mengambil jurusan Business Enterprise.

“Gue sebagai yang ada di Idaqu (Institut Daarul Qur'an) masa iya gue gak kuliah di Daqu ya gue kuliah di Daqu lah. Gue ambil double degree di Daqu. Jadi ambil dua tuh di UK (Inggris) dan di sini,” katanya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here