Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaMasyarakat Puas dengan Kinerja Pemda Provinsi Jabar Tangani COVID-19

Masyarakat Puas dengan Kinerja Pemda Provinsi Jabar Tangani COVID-19

Bogordaily.net – Hasil survei Indonesian Politics Research & Consulting () menunjukkan, masyarakat Jawa Barat puas dengan kinerja Pemda Provinsi Jawa Barat dalam penanganan pandemi COVID-19.

Berdasarkan survei yang melibatkan 1.200 orang sebagai sampel tersebut, sebesar 84,5 persen responden mengaku puas dengan penanganan pandemi COVID-19 di Jawa Barat.

Direktur Operasional dan Data Strategis Idil Akbar mengatakan, merujuk data tersebut, penanganan pandemi COVID-19 menjadi salah satu program atau kebijakan Pemda Provinsi Jabar di bawah kepemimpinan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum yang berhasil.

“Masyarakat Jawa Barat atau warga Jawa Barat merasa puas dengan apa yang dilakukan oleh Pak Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat dan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam hal penanganan COVID-19,” kata Idil dalam Rilis Temuan Survei 16-25 Desember 2021 bertajuk Evaluasi Kinerja Program dan Kinerja Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Masa Pandemi COVID-19, pada Selasa 8 Februari 2022.

Selain itu, kata Idil, masyarakat pun menilai koordinasi atau kerja sama Pemda Provinsi Jawa Barat dengan Pemda Kabupaten/Kota di Jawa Barat baik.

Mengacu data survei , sekitar 62,7 persen responden menjawab kerja sama tersebut berjalan baik.

“Menunjukkan memang pada dasarnya masyarakat atau warga Jawa Barat menilai koordinasi itu dengan cukup baik dan berjalan sebagaimana mestinya,” ucap Idil.

Kemudian, sekitar 86,4 persen responden yakin mampu memimpin penanganan pandemi COVID-19.

Menurut Idil, tingkat keyakinan yang tinggi tersebut akan berdampak positif terhadap penanganan COVID-19 di Jabar.

“Keyakinan ini tentu saja akan memberikan dampak positif atas penanganan COVID-19 di Jawa Barat yang memang sejauh ini dari berbagai informasi di pemberitaan sudah dinilai cukup baik,” ucapnya.

Pemda Provinsi Jabar sendiri menerapkan lima prinsip dalam menangani pandemi COVID-19. Kelima prinsip tersebut yakni proaktif, transparan, ilmiah, inovatif, dan kolaboratif.

“Kelima prinsip ini kami terapkan untuk meminimalisasi dampak yang timbul bagi masyarakat, baik kesehatan, ekonomi maupun sosial,” kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat membagikan tips penanganan COVID-19 kepada Gubernur Gorontalo di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin 24 Januari 2022 lalu.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here