Saturday, 18 May 2024
HomePolitikPeneliti Klaim Pemilihan Anggota KPU Dilakukan Secara Tertutup, Dianggap Tak Transparan

Peneliti Klaim Pemilihan Anggota KPU Dilakukan Secara Tertutup, Dianggap Tak Transparan

Bogordaily.net – Peneliti senior, Netgrit Hadar Nafis Gumay menyoroti pemilihan anggota () dan () oleh Komisi II DPR yang dilakukan secara tertutup. Menurutnya, pemilihan itu dianggap dan terkesan lebih besar nuansa politik.

“Jadi saya kira proses pemilihan di DPR ini lebih besar nuansa politiknya,” ujar Hadar kepada wartawan, Kamis 17 Februari 2022.

Hadar menyatakan, proses fit and proper test yang dilakukan oleh Komisi II tidak dijalankan dengan terukur. Kemudian juga tidak cukup transparan khususnya di dalam pengambilan keputusan.

“Menurut saya tidak cukup akuntabel proses yang mereka lakukan ini sebagai lembaga negara yang diberikan tugas oleh undang-undang dan konstitusi kita gitu,” beber dia.

Selain itu, Hadar juga mengatakan bilamana calon anggota dan itu perlu dipilih berdasarkan urutan. Sehingga publik perlu tahu bagaimana angka penilaian anggota DPR kepada calon-calon yang terpilih.

“Nah jadi itu problemnya menurut saya. Undang-undang menyebutkan secara jelas bahwa mereka harus memilih dan menghasilkan urutan jadi ada ranking. Jadi kalau ranking itu harus ada ukuran yang jelas. Angka angka, penilain penilaian,” tegasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here