Monday, 29 April 2024
HomeKabupaten BogorPenyaluran BPNT Berupa Telur Busuk di Babakan Madang Tuai Kecaman!

Penyaluran BPNT Berupa Telur Busuk di Babakan Madang Tuai Kecaman!

Bogordaily.net – Pengamat Politik dan Kebijakan Publik atau Direktur Democrazy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP), Yusfitriadi menyoroti kasus berupa di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Menurutnya, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan () dan , harus melakukan pengawasan dalam penyaluran Bantuan Sosial kepada masyarakat.

“Masalah BPNT yang bertanggungjawab penuh dalam pengawasan adalah , Sedangkan penunjukan sudah dipastikan melalui Dinas Sosial dan Itu kalau kita bicara struktural,” katanya.

Lanjutnya ia mempertanyakan peran Dinas Sosial dalam urusan pengawasan BPNT, bila mana tidak ada yang mau bertanggungjawab, lantas Dinas Sosial kinerjanya seperti apa.

“Karena ini bukan kasus yang pertama untuk penyaluran bahan komuditi BPNT tidak layak atau busuk ini, dan kasusnya sangat banyak sekali di beberapa tempat dan sering kali terjadi dari bulan ke bulan. Jadi saya pikir, pertama PT atau supliyer yang kerap kali bermasalah cabut saja atau di ganti karena selalu bermasalah, karena jika tidak bisa mengurusi sosial jangan bersosial,” tambahnya.

Lanjut ia menambahkan jika Dinas Sosial sudah tidak mau bertanggung jawab atas hak-hal masyarakat miskin melalui penyaluran (BPNT), dirinya meminta Bupati Bogor melakukan evaluasi terhadap Dinas Sosial.

“Penyaluran ini sudah masuk tindak pidana dan sudah melanggar aturan dan jatuhnya sudah pidana. Jika tidak taat aturan, itu harus di proses jangan sampai ada rantai perilaku-perilaku yang kurang baik kepada pemegang kebijakan dan apa lagi supliyer yang mentribusikan bahan pangan itu tidak layak harus di copot jangan di pertahankan, jika di pertahankan artinya ada seseorang yang mempertahankan dan itu perlu di pertanyakan,” pungkasnya.

(Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here