Saturday, 27 April 2024
HomeTravellingSejuknya Lembah Salak Camping Ground, Tempat Berkemah Tersembunyi di Bogor

Sejuknya Lembah Salak Camping Ground, Tempat Berkemah Tersembunyi di Bogor

Bogordaily.net adalah salah satu tersembunyi di Kota Bogor. Pada malam hari, suasana di area camping ground akan semakin terlihat mengagumkan.

Tempat camping di Bogor ini memiliki suasana yang berbeda dan tergolong sepi pengunjung, karena tidak begitu banyak orang yang mengetahuinya. Lahan Camping Ground Lembah Salak, Curug Putri Pelangi bisa dikatakan cukup luas dan kondisi dataran yang berundak-undak.

Tempat ini menarik untuk didatangi, bagi pengunjung yang suka camping dan merindukan suhu udara yang sejuk. Agar tidak kedinginan maka jangan lupa membawa jaket, kaus kaki dan sarung tangan ya. Untuk mengurangi rasa dingin malam hari, bisa membakar api unggun, sembari menyeduh membuat kopi atau teh bersama pengunjung lainnya.

Bagi kamu yang ingin mengunjungi ini bisa mengecek di google map dengan kata kunci pencarian “Camping Ground Lembah Salak, Curug Putri Pelangi.” Alamatnya berada di Tajur Halang, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat. Tempatnya tidak jauh dari pusat Kota Bogor dan cukup memakan waktu sekitar 30-45 menit saja.

Untuk kondisi jalannya harus lebih diperhatikan, karena jalur yang sedikit ekstrem dan perlu memeriksa kendaraan bermotor harus dengan kondisi layak jalan. Bagi pengunjung yang pergi dengan kendaraan pribadi, berangkat melalui arah Tajur Halang.

Selama perjalanan akan melihat pemandangan perbukitan dihiasi kejukan udara dingin. Patokan selanjutnya adalah bertemu SDN 02 Tajur Halang, kemudian belok kiri. Selanjutnya akan bertemu jalan bercabang.

Kemudian bisa mengambil jalan mana saja, namun sebaiknya tidak mengambil jalan sebelah kiri karena kondisi medan yang terjal dan banyak bebatuan. Ingat jalannya tidak terlalu luas dan hanya cukup untuk satu mobil saja. Tak lama akan sampai di lokasi dan parker di tepat yang telah disediakan di dalam kawasan .

Bukan  hanya berkemah, pengunjung bisa berwisata air di aliran Curug Putri Pelangi. Jaraknya tak begitu jauh dari sekitar 1,2 Km dari pintu masuk.

Lokasinya bisa didatangi dengan menaiki sepeda motor atau berjalan kaki. Air yang mengalir ketika matahari sedang terikakan menghasilkan cahaya pelangi di antara batu-batu di dekat curug yang membuatnya tampak unik.

Jika membawa anak-anak, maka bisa membawa mereka ke taman kelinci dan peternakan kambing, bukit cengkeh dan perkebunan jambu Kristal. Pengunjung bisa memetik dan membeli langsung jambu di sana.

Pada malah hari, orang yang camping bisa melihat city light ke arah Kota Bogor sembari menyalakan api unggun. Untuk kayu bakarnya, pengelola sudah menyediakan untuk orang yang berkemah. Bagi kamu yang tidak membawa tenda dan peralatan camping dari rumah, pengelola menyewakan untuk setiap pengunjung.

Biayanya bisa dibilang tak mahal dan sesuai dengan kebutuhan berkemah di tempat ini. Oh ya, untuk masuk ke kawasan ini harus membayar tiket masuk dan biaya parkir.

Berikut adalah biaya masuk dan biaya sewa peralatan yang bisa disewa.

Tarif Camping
HTM (include curug)    : Rp 30.000 /orang
Parkir Mobil      : Rp 10.000 /mobil
Parkir Motor      : Rp 5.000 /motor
Biaya Sewa Peralatan Camping
Sleeping Bag : Rp. 40.000
Matras : Rp. 20.000
Kayu bakar : Rp. 15.000
Paket makan : Rp. 45.000-65.000

Selain membawa tenda camping sendiri, pengunjung juga bisa menyewa tenda untuk 2-4 orang. Harga sewa tenda Rp.150.000/unit. Ada pilihan menginap lainnya, yaitu menyewa 2 gazebo dengan harga sewa Rp.350.000/unit (weekday) dan Rp.450.000 (weekend). Bentuk Gazebo adalah rumah panggung yang bisa digunakan untuk 2-4 orang. Tersedia pula saung yang dibuat untuk santai atau masak-masak.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here