Friday, 3 May 2024
HomeNasionalSuku Oni, Manusia Mini Hidup Dalam Gua di Pedalaman Bone

Suku Oni, Manusia Mini Hidup Dalam Gua di Pedalaman Bone

Bogordaily.net – Keragaman suku dan budaya di Indonesia tidak hanya meliputi beragam bahasa dan juga adat istiadatnya. Melainkan postur tubuh serta lingkungan tempat tinggal juga menjadi bagian keanekaragaman tersebut. Salah satunya , yang berasal dari Bone, .

merupakan suku yang tinggal di pedalaman hutan Bone, tepatnya di dalam gua yang lokasinya tidak diketahui secara persis. Untuk mengetahui ciri-ciri masyarakat suku ini, mereka kerap disebut dengan di wilayah Sulawesi.

Hal tersebut lantaran orang-orang hanya memiliki tinggi sekitar 70 cm saja. Namun, jangan salah meski kecil masyarakat memiliki tubuh yang kuat dan gerakan yang sangat lincah karena tubuhnya yang mungil.

Orang-orang suku ini tidak sembarangan bertemu dengan orang-orang lain. Mereka akan dengan cepat mengelak untuk bertemu dengan manusia dari luar wilayahnya.

Hal ini dikarenakan dulunya suku ini adalah suku yang sangat dermawan dalam membantu. Namun, mereka seakan dimanfaatkan oleh orang lain dan membuat mereka kapok untuk bertemu dengan manusia lainnya.

Beberapa kali warga tidak jujur saat meminjam barang, membuat hubungan baik tersebut rusak. Dari beberapa kejadian yang terulang, Suku ini memilih menjauh dari warga sekitar dan menutup diri.

Setelah memutuskan untuk menutup diri, hanya memilih orang tertentu untuk berkomunikasi dengan dunia luar.

Menurut sejarah, suku ini sudah ada sejak masa kekuasaan Kerajaan Bone, dimana suku ini sangat berperan dan pembangunan benteng, irigasi dan juga bangunan lainnya pada masa kejayaan Kerajaan Bone.

Kini, memilih untuk tinggal di dalam gua yang terletak di pedalaman hutan wilayah Kabupaten Bone, .

Meski hidup di dalam gua, namun kehidupan sangatlah harmonis lantaran mereka menyiapkan kehidupan mereka di dalam gua bersama dengan masyarakat sesama sukunya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here