Sunday, 19 May 2024
HomeViralViral Sungai di Jombang Berwarna Merah Darah, Ini Kata Warganet

Viral Sungai di Jombang Berwarna Merah Darah, Ini Kata Warganet

Bogordaily.net– di Desa Tanggalrejo, Mojoagung, Kabupaten , Jawa Timur mendadak heboh. Betapa tidak! Air di sungai itu tiba-tiba berwarna merah darah. Peristiwa ini pun viral di media sosial.

Fenomena air berwarna merah darah pertama kali muncul di Dusun Mojoranu, Desa Tanggalrejo, Jumat 25 Februari 2022 sekitar pukul 16.00 WIB. Tepatnya sekitar 20 meter di sebelah selatan pintu air (Dam) Songkar.

Zat yang menyebabkan air berubah warna keluar dari dasar sungai tersebut yakni dekat plengsengan sungai sebelah barat. Air sungai kemudian berubah jadi merah darah mengalir ke utara melewati Dam Songkar.

Warga sekitar, Warsito mengatakan air yang berubah menjadi merah darah menyebar ke wilayah Dusun Tanggalrejo di sebelah selatan Dusun Mojoranu karena terbawa arus sungai. Sungai selebar 8 meter ini mengalir dari selatan ke utara atau dari hutan di Desa Kedunglumpang menuju Sungai Gunting.

Sehingga air dengan panjang sekitar 3 kilometer warnanya berubah menjadi merah darah. Menurut dia sempat turun setelah fenomena ini muncul. Namun, air sungai tersebut tetap berwarna merah darah.

“Warna airnya merah darah semua, tidak ada aroma sama sekali. Saya heran kok tidak berbau, ikan pun tidak mati,” kata Warsito dikutip dari Detik.com.

Fenomena itu baru kali ini terjadi. Selepas magrib kemarin saat hujan sudah reda, banyak warga sekitar yang datang ke Dam Songkar untuk menyaksikan fenomena aneh tersebut.

“Kemarin di sini sampai jam setengah 9 (pukul 20.30 WIB). Kalau di Dusun Tanggalrejo sampai tengah malam masih ada, setelah itu juga hilang,” jelasnya.

Kepala Desa Tanggalrejo, Dimas Ramadhana membenarkan zat yang menyebabkan air berubah merah darah muncul dari dasar sungai di sebelah selatan Dam Songkar. Air sungai tersebut dari arah hulu sampai sumber merah darah.

“Air sungai menjadi merah sampai sekitar 5 kilometer. Mengalir ke tiga desa, mulai Tanggalrejo, Dukuhdimoro sampai Mojotrisno,” ujarnya.

Sementara itu foto-foto beredar di media sosial menujukkan air sungai yang berwarna merah. Salah satu akun yang mengunggah foto tersebut adalah Instagram @lambe_turah. Warganet pun ramai-ramai membanjiri kolom komentar.

“Limbah, pasti ada industry yg sengaja buang limbahnya kesungai. Jgn sampai mengkonsumsi ikan yg sudah tercemar limbah, bahaya untuk kesehatan,” kata seorang warganet.

“Biasanya limbah itu..kali aj ada dkt pabrik apa gituu,” timpal warganet.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here