Tuesday, 30 April 2024
HomeNasional3 Tips Menghafal Al-Qur'an di Bulan Suci Ramadhan, Yuk Coba!

3 Tips Menghafal Al-Qur’an di Bulan Suci Ramadhan, Yuk Coba!

Bogordaily.net – Salah satu kegiatan mulia yang biasanya dilakukan saat yaitu memperbanyak membaca dan menghafal Al-Qur'an. Namun, menghafal saat berpuasa bagi sebagian orang, akan terasa menyulitkan.

Pasalnya saat berpuasa, rasa dahaga serta lapar yang menyelimuti seringkali membuat kita sulit untuk fokus ketika menghafalkan Al-Qur'an.

Kendati begitu, jika Anda ingin menghafal Al-Qur'an saat berpuasa di bulan , ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan sebagai berikut :

1. Menghafal di Tempat yang Sunyi

Salah satu yang pada umumnya dapat menghambat seseorang dalam menghafalkan Al-Qur'an adalah kebisingan dan keramaian.

Terutama di saat berpuasa, menghafal Al-Qur'an di tempat yang ramai akan semakin menyulitkan dalam menghafalkan ayat demi ayat.

Oleh karena itu, carilah tempat yang sunyi dan jauh dari keramaian untuk menghafal. Selain mempercepat dalam menghafalkan ayat demi ayat, memilih tempat yang jauh dari keramaian juga dapat meningkatkan ke khusyuan dalam membaca dan menghafal.

2. Menghafal saat Kondisi Pikiran Tenang

Tips yang kedua yaitu menghafalkan saat kondisi pikiran tenang. Hal tersebut disebabkan kondisi pikiran yang berantakan akan mempersulit dalam menghafalkan ayat demi ayat.

Sehingga, jika ingin memulai dalam menghafalkan ayat-ayat Al-Qur'an, pastikan terlebih dahulu kondisi pikiran menjadi tenang.

Jika sedang banyak pikiran, sebaiknya hilangkan dulu pikiran tersebut sebelum memulai dalam menghafalkannya. Dengan begitu, menghafal pun akan lebih nyaman sehingga Anda dapat dengan mudah memhafuzkan ayat-ayat Al-Qur'an.

3. Menghafal setelah Bangun Tidur

Tips ketiga menghafal Al-Qur'an saat berpuasa yaitu dengan memulai kegiatan tersebut saat setelah bangun tidur. Pasalnya, saat baru bangun tidur, kondisi pikiran akan lebih segar untuk menghafal.

Dengan begitu, Anda akan dengan mudah menghafalkan ayat demi ayat Al-Qur'an karena pikiran Anda saat itu dalam kondisi yang lebih segar.

Demikianlah 3 tips menghafal Al-Qur'an saat berpuasa yang bisa Anda praktikkan di bulan nanti. Semoga Artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang membacanya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here