Saturday, 20 April 2024
HomeKabupaten BogorHUT ke-61 Kostrad, Ade Yasin Apresiasi Bakti Sosial Bedah Rumah Tidak Layak...

HUT ke-61 Kostrad, Ade Yasin Apresiasi Bakti Sosial Bedah Rumah Tidak Layak Huni

Bogordaily.net – Bupati Bogor, mengapresiasi kegiatan Bakti Sosial Bedah Rumah Tidak Layak Huni dalam rangka Tahun 2022, di Kampung Poncol RT 10/RW 05 Desa Cimandala Kecamatan Sukaraja, Sabtu, 12 Maret 2022.

Sebagai informasi dalam rangka tahun 2022, Kostrad bekerjasama dengan Motor Besar Indonesia (MBI) melakukan pembagian sembako bagi warga sekitar juga bedah rumah terhadap rumah salah satu rumah pensiunan tentara yang telah berjuang di Irian Jaya, yang berlokasi di Kampung Poncol RT 10/RW 05 Desa Cimandala, Kecamatan Sukaraja.

Bupati Bogor menyampaikan, terima kasih kepada jajaran Kostrad, ia juga berharap melalui kegiatan itu bisa memperkuat sinergi dan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Bogor dengan Kostrad.

Terlebih sudah terjalinnya kerjasama antara dengan Pangkostrad salah satunya kerjasama pembangunan jembatan Rawayan di beberapa titik, salah satunya jembatan Rawayan di Rancabungur, termasuk kerjasama akselerasi percepatan capaian vaksinasi.

“Selamat ulang tahun untuk Kostrad, saya juga mengucapkan terima kasih, atas bentuk kepedulian MBI yang telah melakukan bedah Rumah Tidak Layak Huni terhadap salah satu warga kami di Sukaraja ini. Semoga ini bermanfaat dan rumah ini menjadi rumah sehat, ventilasi udaranya juga bagus. Bukan hanya disini saja, kami harapkan juga di daerah-daerah lain juga kebagian,” ungkapnya.

menerangkan bahwa juga memiliki Program Rehab Rumah Tidak Layak Huni yang diterima langsung oleh masyarakat.

Tidak menutup kemungkinan program itu bisa dikerjasamakan oleh TNI atau organisasi MBI, sebab Rutilahu ini tidak hanya dibiayai oleh APBD, juga ada APBD Provinsi hingga APBN.

Hingga kini telah membangun 11.656 Rutilahu. Untuk APBD Provinsi sebanyak 2.430 Rutilahu, untuk APBN sebanyak 7.392 Rutilahu.

“Kalau saja uang yang diberikan kepada masyarakat kita kerjasamakan dengan beberapa lembaga, tentunya itu akan cepet selesai, karena uang yang disiapkan itu tidak besar, melalui APBD mengeluarkan Rp15 juta per Kepala Keluarga, sedangkan untuk APBD Provinsi Rp20 juta. Kalau misalnya dikerjasamakan mungkin ini akan mempercepat program pembangunan Rutilahu, hasilnya bagus seperti ini,” imbuhnya.

Selanjutnya, Danyon Armed 10 Bradjamusti Kostrad, Letkol Arm. Aris Gunawan menyatakan, program ini sudah direncanakan oleh Kostrad untuk merehab Rumah Tidak Layak Huni.

Ia berharap melalui kegiatan ini bisa memberikan manfaat, tidak hanya untuk Kostrad juga warga sekitar, sehingga program ini terus berjalan secara rutin setiap tahun minimal 1 rumah tidak layak huni direhab menjadi rumah layak huni.

bantuan sosial bedah rumah
Danyon Armed 10 Bradjamusti Kostrad, Letkol Arm. Aris Gunawan. (Pemkab.bogor/Bogordaily.net)

“Saat ini baru rumah-rumah yang berlokasi tidak jauh dari asrama Kostrad sehingga warga desa yang berdekatan dengan kami bisa mendapatkan dampak dan manfaatnya,” ungkap Danyon.

Ditempat yang sama Ketua MBI, Rio Castello mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kostrad dan sehingga MBI diberi kesempatan untuk ikut berpartisipasi membantu masyarakat Kabupaten Bogor.

“Ini semua adalah sumbangan dari kami bekerjasama dengan Pak Komandan Armed 10 Bradjamusti, mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini bisa bermanfaat dan berguna terutama untuk penerima bantuan bedah Rutilahu. Ini membuktikan kami dari club Motor Besar Indonesia, bahwa kita sebagai anak motor tidak selalu arogan, tidak selau hura-hura tapi kami dari MBI peduli terhadap masyarakat sekitarnya,” imbuhnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here