Friday, 26 April 2024
HomePolitikAnggaran Pemilu Belum Juga Dibahas, DPR Desak Pelantikan Anggota KPU-Bawaslu Digelar Akhir...

Anggaran Pemilu Belum Juga Dibahas, DPR Desak Pelantikan Anggota KPU-Bawaslu Digelar Akhir Maret

Bogordaily.net–Hingga kini rapat pembahasan anggaran Pemilu 2024 belum juga terlaksana. Penyebabnya, masih harus menunggu pelantikan komisioner dan periode 2022-2027 terlebih dahulu.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Syamsurizal mengatakan setelah komisioner yang baru dilantik, Komisi II segera melakukan rapat pembahasan dengan mereka. Kekinian, kata Syamsurizal Komisi II baru melakukan rapat internal untuk membahas agenda-agenda ke depan.

“Soal pembahasan anggaran kemudian penyegeraan dilantik tapi kita menunggu tanggal 11 April masa berlakunya yang lama,” kata Syamsurizal kepada wartawan dikutip dari Suara.com, Rabu, 16 Maret 2022.

Hal senada juga dikatakan Wakil Ketua Komisi II Junimart Girsang. Menurutnya rapat soal anggaran Pemilu akan dilakukan setelah pelantikan dan yang baru. Ia pun memastikan rapat pembahasan anggaran Pemilu akan tepat waktu dan tidak akan mepet dengan tahapan Pemilu.

“Gak. Karena tahap awal itu kan diperkirakan dimulai pada Juni tahun ini,” ujarnya.

Oleh karena itu, Junimart berharap Presiden Joko Widodo bisa segera melakukan pelantikan terhadap komisoner dan periode 2022-2027 sebelum masa periode komisioner lama berakhir pada 11 April.  Dengan demikian, kata dia, agenda rapat bahas anggaran Pemilu bisa cepat terealisasikan.

“Jadi kita harapkan presiden sudah bisa melantik pada akhir bulan ini (Maret) biar efektivitas bisa berjalan lancar,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, anggota dan komisioner KPU terpilih sejak 17 Februari 2022. Namun, hingga saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menerima informasi dari pemerintah soal jadwal pelantikan anggota baru mereka dan Badan Pengawas Pemilu () 2022-2027.

Masa jabatan Komisioner KPU saat ini akan berakhir pada 11 April 2022.  Tujuh nama komisioner KPU baru yang terpilih oleh DPR adalah Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy'ari, Mochammad Afifudin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz. Sedangkan lima orang anggota yang terpilih adalah Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Hariyono, Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

Pelantikan Komisioner KPU baru ini dianggap penting sebab berkaitan dengan tahapan dan anggaran Pemilu 2024.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here