Curug Ngebul, Keindahan Tersembunyi Air Terjun Berselimut Kabut

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Pegadaian Turun, Rabu 28 September 2022 Jangan Telat Perpanjang SIM! Ini Lokasi Simling Kota Bogor, Rabu 28 September 2022 Terkini! Ini Ramalan Kota Bogor Hari Ini, Rabu 28 September 2022 Masih Sama, Berikut Harga Emas Pegadaian Hari Ini Selasa, 27 September 2022 Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM di Kota Bogor, Selasa 27 September 2022

Wisata · 11 Mar 2022 16:34 WIB

Curug Ngebul, Keindahan Tersembunyi Air Terjun Berselimut Kabut


 Curug Ngebul. (Instagram/curug_ngebul/Bogordaily.net) Perbesar

Curug Ngebul. (Instagram/curug_ngebul/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–Jawa Barat menyimpan berbagai keindahan wisata alamnya. Salah satunya air terjun yang tersebar di mana-mana. Kali ini, kita melongok keindahan curug yang berada di Kabupaten Cianjur. Namanya Curug Ngebul.

Berlokasi di Desa Bunijaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur curug ini memiliki ketinggian 100 meter di atas permukaan laut. Dikelilingi oleh tebing-tebing dan pepohonan rindang menjadikan panorama sekitar Curug Ngebul masih sangat asri.

Letaknya cukup tersembunyi. Jauh dari keramaian pusat kota sangat cocok bagi yang ingin berlibur sambil mencari ketenangan. Debit air yang mengalir di Curug Ngebul tidak begitu besar jika dibandingkan dengan Curug Citambur, tetapi hempasan airnya cukup deras.

Melansir dari Okezone.com, air yang jatuh dari balik bukit tersebut akan menghempas batu di bawahnya sehingga menciptakan uap dan membuatnya terlihat seperti asap yang mengepul. Oleh karenanya, curug ini disebut Curug Ngebul.

Curug Ngebul. (Instagram/curug_ngebul/Repost @megan.mgnn/Bogordaily.net)

Namun, beberapa masyarakat setempat meyakini bahwa nama Curug Ngebul berasal dari sebuah legenda yang menceritakan seorang putri yang mandi di curug tersebut. Lalu secara tiba-tiba, air di sana mengepul dan berasap.

Pengunjung tidak bisa berenang di bawah aliran air terjun dengan alasan keselamatan. Meski demikian ada sebuah kolam penampungan di dekatnya dengan air yang tenang. Kolam tersebut digunakan warga sekitar untuk saluran irigasi, tetapi pengunjung juga dapat berenang atau sekadar bermain air.

Di Curug Ngebul pengunjung juga dapat mendirikan tenda di sebuah lapang berumput. Letaknya tidak jauh dari curug sehingga Anda bisa bermalam sambil menikmati suara deburan air yang menghantaman bebatuan dan bising dari hewan nokturnal.

Bagi pecinta olahraga panjat tebing, juga bisa menaklukan tebing-tebing di sekitar curug. Jangan lupa memperhatikan keselamatan dan mematuhi setiap aturan yang berlaku, ya. ***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Camping Asik di Bukit Alesano Bogor: Informasi Lokasi, Rute dan Harga Masuk

28 September 2022 - 17:59 WIB

Bukit Alesano Bogor

Kabar Baik! Kanada Cabut Pembatasan Covid-19 untuk Wisatawan

28 September 2022 - 06:52 WIB

Kanada

Glamping Asik dengan Suasana Rimba, Ini Lokasi KM Zero Resort Bogor

27 September 2022 - 22:30 WIB

KM Zero Resort Bogor

Nongkrong Asik dan Murah di Setu Gedong Cibinong, Ini Lokasinya

27 September 2022 - 20:17 WIB

Rayakan Hari Pariwisata Sedunia, Gunakan Layanan Maxim untuk Menjelajahi Negara-Negara Asia Tenggara 

27 September 2022 - 12:56 WIB

Hari Pariwisata Sedunia

Review ‘Desa Konoha’ di Bogor, Tempat Wisata dengan Sensasi Desa Seperti Film Naruto

27 September 2022 - 11:32 WIB

Trending di Wisata