Friday, 29 March 2024
HomeTravellingCurug Ngebul, Keindahan Tersembunyi Air Terjun Berselimut Kabut

Curug Ngebul, Keindahan Tersembunyi Air Terjun Berselimut Kabut

Bogordaily.net–Jawa Barat menyimpan berbagai keindahan alamnya. Salah satunya air terjun yang tersebar di mana-mana. Kali ini, kita melongok keindahan curug yang berada di Kabupaten . Namanya .

Berlokasi di Desa Bunijaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten curug ini memiliki ketinggian 100 meter di atas permukaan laut. Dikelilingi oleh tebing-tebing dan pepohonan rindang menjadikan panorama sekitar masih sangat asri.

Letaknya cukup tersembunyi. Jauh dari keramaian pusat kota sangat cocok bagi yang ingin berlibur sambil mencari ketenangan. Debit air yang mengalir di tidak begitu besar jika dibandingkan dengan Curug Citambur, tetapi hempasan airnya cukup deras.

Melansir dari Okezone.com, air yang jatuh dari balik bukit tersebut akan menghempas batu di bawahnya sehingga menciptakan uap dan membuatnya terlihat seperti asap yang mengepul. Oleh karenanya, curug ini disebut .

. (Instagram/curug_ngebul/Repost @megan.mgnn/Bogordaily.net)

Namun, beberapa masyarakat setempat meyakini bahwa nama berasal dari sebuah legenda yang menceritakan seorang putri yang mandi di curug tersebut. Lalu secara tiba-tiba, air di sana mengepul dan berasap.

Pengunjung tidak bisa berenang di bawah aliran air terjun dengan alasan keselamatan. Meski demikian ada sebuah kolam penampungan di dekatnya dengan air yang tenang. Kolam tersebut digunakan warga sekitar untuk saluran irigasi, tetapi pengunjung juga dapat berenang atau sekadar bermain air.

Di pengunjung juga dapat mendirikan tenda di sebuah lapang berumput. Letaknya tidak jauh dari curug sehingga Anda bisa bermalam sambil menikmati suara deburan air yang menghantaman bebatuan dan bising dari hewan nokturnal.

Bagi pecinta olahraga panjat tebing, juga bisa menaklukan tebing-tebing di sekitar curug. Jangan lupa memperhatikan keselamatan dan mematuhi setiap aturan yang berlaku, ya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here