Sunday, 19 May 2024
HomeNasionalFakta dan Makna Menarik Dibalik Gelaran KTT G20

Fakta dan Makna Menarik Dibalik Gelaran KTT G20

Bogordaily.net– Tahun ini, ada salah satu event besar yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Selama bulan November mendatang, telah dipercaya untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan .

Dibentuk pada tahun 1999, The Group of Twenty atau G20 adalah sebuah forum kerjasama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa.

Sejumlah negara yang ikut serta menjadi bagian dari G20 di antaranya adalah Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, , Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, dan Turki.

Hal utama yang dibahas di G20 adalah isu-isu global yang terutama terkait dengan ekonomi, seperti stabilitas keuangan, perdagangan, kebijakan, dan keberlanjutan. Setiap tahun, kepresidenan G20 bergilir dari satu negara ke negara lain. Kali ini mendapat kesempatan untuk memegang jalannya G20.

Penunjukan sebagai Presidensi G20 2022 sendiri diumumkan dua tahun yang lalu, saat berlangsungnya G20 Arab Saudi di Riyadh pada 21-22 November 2020 silam. Secara resmi, telah ditetapkan untuk memegang presidensi G20 dari tanggal 1 Desember 2021 hingga akhir tahun 2022. Ini merupakan pertama kalinya mendapat kepercayaan untuk menyelenggarakan pertemuan penting ini.

G20 2022 mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”. Melalui tema tersebut, ingin mengajak seluruh dunia untuk saling bahu membahu, saling mendukung untuk pulih bersama, serta tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan.

Menurut Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, pemulihan yang dimaksud dalam tema ini bukanlah sembarang pemulihan. Namun, yang dimaksud adalah pemulihan yang inklusif bagi seluruh negara yang ada di dunia, termasuk negara berkembang.

Pasalnya, pemulihan pasca pandemi seharusnya tidak hanya terjadi di beberapa negara tertentu saja. Beliau mengatakan bahwa dengan saling membantu untuk satu sama lain untuk mencapai pemulihan, kita semua akan mampu menjadi lebih kuat.

Makna di balik logo G20 Indonesia 2022.

Siluet gunungan yang ada di logo G20 Indonesia 2022 memiliki makna perpindahan babak menuju pemulihan ekonomi dunia yang lebih inklusif dan berkelanjutan. Motif kawung yang terdapat pada gunungan bermakna semangat menjadi lebih baik dan berguna bagi sesama.

Warna merah dari gunungannya sendiri merupakan simbol dari bagian bendera kita. Sementara, warna biru pada tulisan G20 Indonesia 2022 melambangkan jati diri Indonesia sebagai negara maritim.

Yang terakhir, ditengah gunungan juga terdapat salur tanaman yang merepresentasikan semangat pemulihan hijau, inklusif, serta berkelanjutan.

nantinya akan dilaksanakan di Nusa Dua, Bali. Namun, daerah yang ikut serta dalam penyelenggaraan G20 bukan cuma Bali. Ada lebih dari 19 kota yang turut berpartisipasi dalam pelaksanaan G20 Indonesia 2022.

Sejumlah kota tersebut di antaranya adalah Jakarta, Bogor, Semarang, Solo, Batam-Bintan, Belitung, Medan, Yogyakarta, Bandung, Sorong, Lombok, Surabaya, Labuan Bajo, Danau Toba, Manado, Malang, dan masih banyak lagi!

Untuk mendukung pelaksanaan G20 Indonesia 2022 ini, pemerintah juga telah mempersiapkan sejumlah infrastruktur di Bali. Penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah G20 merupakan momentum yang tepat untuk menunjukan pesona tanah air serta mendorong laju ekonomi negara.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here