Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaJangan Lakukan Hal Ini Terhadap Pasangan yang Belum Memiliki Anak

Jangan Lakukan Hal Ini Terhadap Pasangan yang Belum Memiliki Anak

Bogordaily.net – Secara umum, infertilitas atau ketidaksuburan adalah tidak dapat hamil setelah satu tahun. Ada hal-hal yang perlu dikatakan dan tidak dikatakan kepada yang , walaupun mereka sudah mencobanya.

Jika kalian dan ingin memiliki anak, tetapi belum kunjung dikaruniai satu pun, padahal usia pernikahan sudah lebih dari setahun, pasti rasanya sedih, ya. Ditambah lagi, kadang-kadang ada saja yang menanyakan, “Sudah isi, belum?” atau “Belum punya anak?” ketika bertemu.

Ketika didiagnosis salah satu atau mungkin keduanya tidak subur, tentu ini menjadi pukulan berat bagi . Meski bisa ditangani, tetap saja mental istri dan suami akan terpengaruh.

Karenanya, orang sekitar harus peka dan tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh dibicarakan dengan yang sedang menghadapi masalah infertilitas agar keduanya tidak semakin stres.

Apa yang Boleh Dikatakan kepada yang Infertilitas?

1. Berikan dukungan

Tunjukkan dukungan kepada yang mengalami infertilitas dengan siap mendengarkan keluh kesah mereka.

terlalu banyak memberikan pertanyaan agar keduanya tidak merasa diinterogasi. Mereka hanya butuh tempat untuk bersandar dan didengarkan.

2. Tawarkan Bantuan

Tawarkan mereka bantuan sebagai bentuk dukungan, misalnya mengirimkan makanan favorit mereka, bunga, atau mengajak mereka nonton ke bioskop.

Jadi, mereka bisa melupakan kesedihan sejenak. Jika sangat dekat, cobalah berikan tawaran untuk menemani mereka ke rumah sakit.

3. Mencoba jadi pengertian

Cobalah untuk pengertian dengan situasi mereka. Misalnya, jika ada acara baby shower atau yang melibatkan anak-anak, bila mereka belum siap menghadapi situasi ini, bantulah mereka untuk tidak harus datang atau beri tahu mereka terlebih dahulu.

Jika ada yang bertanya tentang anak atau kehamilan, alihkan pembicaraan atau ajak mereka keluar dari situasi tersebut.

4. Beri Dukungan

Terkadang, pada satu waktu akan muncul rasa lelah untuk menjalani penanganan dan membuat menyerah. Alih-alih memaksa keduanya untuk terus melakukan pengobatan, beri ruang untuk beristirahat dan berduka sejenak.

Apa yang Tidak Boleh Dikatakan kepada Pasangan yang Mengalami Infertilitas?

1.Jangan Menyudutkan

Setiap pasangan yang mengalami masalah infertilitas atau keguguran akan berusaha mencari tahu apa alasan mereka diberikan ujian tersebut sepanjang waktu.

Mereka akan berusaha mencari-cari kesalahan satu sama lain. Bila kita melakukannya, mereka akan semakin sedih dan menyalahkan diri sendiri.

2. Menyarankan bayi tabung

Program bayi tabung kerap diartikan sebagai solusi dari segala masalah infertilitas. Namun, yang perlu diingat, program bayi tabung sangat mahal dan tidak selalu berhasil di kali pertama.

Mengutip dari Very Well Family, tingkat kesuksesan penanganan infertilitas akan berkurang seiring usia. Selain itu, prosesnya juga akan menguras mental dan fisik, yang tidak semua orang mampu melaluinya.

3. Adopsi anak

Walaupun memang bisa dilakukan, mengadopsi anak bukanlah perkara sederhana. Butuh jalan yang berliku dan pastinya biaya yang tidak sedikit menghadapi prosesnya.

Lagipula, adopsi tidak akan menghilangkan perasaan sedih pasangan yang tidak bisa memiliki anak.

4. Sudah takdir

Siapa pun pasti akan merasa sangat tersakiti ketika mendengarkan perkataan ini, terlebih jika ini didengar dari orang terdekatnya.

Jadi, mengucapkan hal tersebut kepada pasangan yang mengalami infertilitas, ya.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here