Jelang Puasa, Harga Sembako di Pasar Cisarua Relatif Stabil

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Pegadaian Turun, Rabu 28 September 2022 Jangan Telat Perpanjang SIM! Ini Lokasi Simling Kota Bogor, Rabu 28 September 2022 Terkini! Ini Ramalan Kota Bogor Hari Ini, Rabu 28 September 2022 Masih Sama, Berikut Harga Emas Pegadaian Hari Ini Selasa, 27 September 2022 Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM di Kota Bogor, Selasa 27 September 2022

Kota Bogor ยท 8 Mar 2022 14:15 WIB

Jelang Puasa, Harga Sembako di Pasar Cisarua Relatif Stabil


 Para Pedagang di Pasar Cisarua, Kabupaten Bogor. (Heri/Bogordaily.net) Perbesar

Para Pedagang di Pasar Cisarua, Kabupaten Bogor. (Heri/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Persediaan kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) menjelang bulan suci Ramadhan di Pasar Cisarua, Kabupaten Bogor terbilang cukup aman hingga beberapa minggu kedepan. Pun begitu dengan harga sembako yang masih relatif stabil, terutama daging potong yang sampai saat ini bertahan di harga Rp 120 ribu perkilogram (kg).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Unit (Kanit) Pasar Cisarua, Mira Fatriana kepada Bogordaily.net di ruang kerjanya, Selasa, 8 Maret 2022.

Menurut Mira, harga sembako di pasar Cisarua masih relatif dan tidak ada kenaikan harga yang signifikan. Ia menyampaikan harga minyak curah (minyak goreng, red) di pedagang saat ini sudah ada, hanya saja persediaannya terbatas.

“Untuk harga minyak curah memang ada kenaikan, yang tadinya Rp 15 ribu – Rp 16 ribu, sekarang menjadi Rp 17.500 perkilogram,” katanya.

Sementara untuk daging sapi segar yang seminggu lalu sempat mogok, kini sudah ada lagi di pasar Cisarua dengan harga yang stabil yaitu dikisaran Rp 120 ribu perkilogram. Pun begitu dengan tahu, tempe dan sayuran. Akan tetapi, untuk harga beras ada kenaikan sebesar Rp1.000 – Rp2.000 perkilogram.

“Hanya beras saja yang ada kenaikan, dan itu pun hanya naik Rp1.000 sampai Rp2.000 perkilonya,” ucapnya.

Kendati demikian, pihaknya belum bisa memastikan apakah detik-detik menjelang Ramadhan itu persediaan maupun harga sembako masih tetap aman atau tidak. Namun, kata Mira, biasanya harga kebutuhan pokok satu minggu sebelum puasa selalu terjadi kenaikan harga.

“Kalau sejauh ini stok di lapangan aman ya, tapi kita juga tidak bisa memprediksi, yang pasti untuk saat ini sampai minggu depan stok masih aman,” tegas Mira.

“Puasa itu kurang lebih tiga minggu lagi. Biasanya satu minggu sebelum puasa itu selalu ada kenaikan harga ataupun barang barang,” tambahnya.

Disinggung soal kenaikan harga jelang puasa, kata Mira, pihaknya tidak punya kewenangan untuk masuk atau intervensi dalam menstabilkan harga. Menurutnya, yang memiliki kewenangan itu langsung dari pusat atau pemerintah.

“Kalau dari Perumda sendiri kita memang belum bisa masuk ke intervensi ikut menstabilkan harga. Karena ini memang dari pusatnya sendiri yang harus menstabilkan harga, ya dari pemerintah,” pungkasnya.

(Heri Supriatna)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Pelayanan Gratis, Babinsa Curug Kawal Program TMKK

28 September 2022 - 15:40 WIB

Serka Eko Tri Ristanto Laksanakan Musyawarah Bersama Para Warga

28 September 2022 - 15:30 WIB

Muayawarah

Sertifikat Tanah Untuk Rakyat Diserahkan di Kota Bogor

28 September 2022 - 13:52 WIB

Antisipasi BDB, Bapak-Bapak Diskusi Asik Bareng TNI

28 September 2022 - 13:15 WIB

Posyandu Harapan Masa Kelurahan Tanah Sareal Juara Harapan 1 Pokjanal Posyandu Tingkat Kota Bogor

28 September 2022 - 11:22 WIB

TNI Ikut Bahas Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Merdeka

28 September 2022 - 11:10 WIB

Trending di Kota Bogor