Friday, 29 March 2024
HomeNasionalJelang Ramadan, Pemerintah Siapkan Langkah Menekan Kenaikan Harga Pangan

Jelang Ramadan, Pemerintah Siapkan Langkah Menekan Kenaikan Harga Pangan

Bogordaily.net – Jelang Ramadan 2022, mengatakan menyiapkan sejumlah langkah menekan . Salah satunya skenario operasi pasar untuk mengendalikan harga bahan pokok.

Tenaga Ahli Utama KSP Edy Priyono mengatakan, skenario operasi pasar tersebut disiapkan untuk sejumlah komoditas , di antaranya, telur ayam, gula pasir, dan bawang putih.

“Kalau untuk minyak goreng, sudah mengeluarkan kebijakan harga eceran tertinggi (HET) Rp14.000 per liter. Kalaupun masih ditemukan harga di atas HET di pasaran, ini perlu kerja sama semua pihak untuk ikut mengontrol kebijakan tersebut, termasuk pada bapak ibu yang hadir di sini,” ujar Edy melalui keterangan tertulis pada Kamis, 32 Maret 2022, disitat dari Antara.

Menurut Edy, harga kebutuhan pokok jelang Ramadhan merupakan siklus tahunan. harga tersebut dipicu peningkatan konsumsi yang menyebabkan lonjakan permintaan.

“Kalau permintaan sudah naik, tentu harga juga ikut naik. Saya kira masyarakat harus lebih bijaksana dalam berbelanja,” ujar Edy.

Sebelumnya, beberapa elemen masyarakat yang hadir dalam program “KSP Mendengar” menyampaikan kegelisahannya terkait kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang Ramadhan, terutama harga minyak goreng curah yang masih di atas Rp20.000.

“Kami mohon KSP turun ke bawah untuk mengecek harga–harga kebutuhan pokok. Menjelang puasa semuanya naik pak, apalagi minyak goreng, bisa di atas Rp20.000. Kalau tanya ke pedagang yang harga (minyak goreng curah) Rp14.000, jawabannya, ya beli ke saja. Lah ini bagaimana pak?,” ucap Sujanti, perwakilan pelaku usaha kecil dari Surakarta.

Selain mendengarkan persoalan kenaikan harga kebutuhan pokok, KSP juga menerima aspirasi masyarakat terkait soal bantuan sosial, perkembangan pariwisata, dan masalah pertanahan.

“Kami sudah dengar, rekam dan catat semua aspirasi bapak-ibu. Kami akan buat risalah untuk disampaikan ke Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko untuk disampaikan langsung ke bapak Presiden,” kata Deputi IV KSP Juri Ardiantoro.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here