Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaKetahuilah, Ini Deretan Obat Alami dan Medis Sakit Tenggorokan

Ketahuilah, Ini Deretan Obat Alami dan Medis Sakit Tenggorokan

Bogordaily.net– sebagian besar disebabkan oleh virus atau bakteri. Akan tetapi tenggorokan juga bisa menjadi sakit akibat merokok, alergi, iritasi udara (seperti polusi, AC) atau terlalu banyak berteriak. Kebanyakan sembuh sendiri. Jadi, obat hanya bisa meredakan gejala sementara, sampai penyebabnya (baik virus, bakteri, alergi atau lingkungan) dihilangkan. Lalu apa saja yang dapat membantu menyembuhkan ? Untuk menyembuhkannya, beberapa obat seperti di bawah ini bisa menjadi pilihan seperti dilansir Suara.com dari berbagai sumber.

Madu

Madu adalah pengobatan yang sangat efektif karena bersifat antibakteri alami dan dapat mengeluarkan air dari jaringan yang meradang, mengurangi pembengkakan, dan ketidaknyamanan.

Air garam

Air garam juga bisa menjadi pilihan untuk mengobati tenggorokan secara alami. Caranya, campurkan air hangat dan setengah sendok teh garam, lalu gunakan untuk kumur selama 20 detik setiap tiga kali sehari. Pengobatan alami ini berguna sebagai antiviral, antibakteri, dan pandai menghilangkan cairan di jaringan.

Kulit pohon elm

Kulit pohon elm juga berguna untuk menenangkan . Akar licorice memiliki sifat anti-inflamasi dan marshmallow yang membentuk lapisan pelindung di atas jaringan tenggorokan. Adapun lainnya yang dapat meredakan termasuk honeysuckle, echinacea, dan zinc.

Anti-Peradangan

Selain obat-obatan alami, ada juga beberapa obat medis yang bisa digunakan untuk meredakan , salah satunya yaitu obat anti-peradangan seperti ibuprofen (Advil, Motrin ). Obat ini membantu sementara mengurangi peradangan dan menghilangkan rasa sakit meskipun tidak cocok untuk semua orang.

Acetaminophen

Obat medis lainnya untuk meredakan sakit tenggorokan yaitu Acetaminophen (Actamine, Tylenol). Obat ini bisa menjadi alternatif yang baik, meskipun hanya memiliki sifat penghilang rasa sakit, bukan anti-inflamasi.

Demikian informasi mengenai beberapa obat sakit tenggorakan yang alami maupun medis. Untuk yang medis, sebaiknya perlu menggunakan resep dokter.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here