Sunday, 5 May 2024
HomeKulinerLima Tips Menggoreng Tanpa Minyak di Tengah Harga yang Melambung

Lima Tips Menggoreng Tanpa Minyak di Tengah Harga yang Melambung

Bogordaily.net–Di tengah yang melambung tinggi bahkan di beberapa daerah masih ada kelangkaan, berbagai cara bisa dilakukan untuk menyiasatinya. Yakni menggoreng tanpa minyak. Bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut tanpa minyak seperti dilansir dari Suara.com.

Menggunakan air fryer

Air Fryer merupakan sebuah benda yang digunakan untuk menggoreng bahan makanan dengan teknologi tanpa menggunakan minyak. Penggunaan Air Fyer dalam memasak menjadi salah satu cara modern yang dapat dilakukan saat harga minyak yang melambung tinggi.

Cara menggunakannya cukup mudah. Hanya perlu memasukkan bahan makanan yang ingin digoreng dalam wadah. Lalu tutup dan tekan tombol waktu dan suhu sesuai dengan tingkat kematangan yang diinginkan. Tunggu beberapa saat hingga mesin itu berhenti

Menggunakan penggoreng anti lengket

Cara yang kedua yaitu menggunakan penggoreng anti lengket yang terbuat dari stainless steel, berupa bahan besi berlapis enamel atau titanium keramik. Dengan menggunakannya, bahan makanan yang digoreng tidak akan lengket walau tanpa minyak.

Menggunakan kertas panggang

Baking Paper atau kertas panggang biasanya digunakan untuk memanggang bahan makanan di dalam oven. Dengan menggunakan kertas panggang juga dapat menghemat penggunaan mingak goreng. Sebelum menggunakannya pastikan terlebih dahulu ukuran baking paper dengan wajan yang akan digunakan.

Cara penggunannya cukup mudah. Pertama panaskan terlebih dulu panci dengan api kecil atau sedang. Kemudian letakkan kertas panggang dan bahan makanan yang sudah dimasukkan sebelumnya. Pastikan bahan makanan dalam keadaan kering dan tidak berair. Tunggu beberapa saat hingga makanan dirasa sudah cukup matang.

Menggunakan pasir

Cara menggoreng tradisional ini ternyata masih banyak digunakan di beberapa wilayah di Indonesia. Cara yang satu ini cukup terkenal dikalangan masyarakat. Pasir umumnya digunakan untuk menggoreng kerupuk. Hal ini bisa menjadi salah satu strategi dalam menghadapi keberadaan yang langka.

Cara menggunakannya, pertama cari pasir yang tidak terlalu lembut atapun terlalu kasar. Cuci bersih dan pastikan tidak ada kotoran yang tertinggal dalam pasir. Kemudian panaskan pasir ke dalam penggoreng. Setelah panas masukkan kerupuk hingga mengembang.

Menggunakan daun pisang

Cara menggoreng tanpa minyak yang terakhir yaitu dengan menggunakan daun pisang. Cara yang satu ini belum banyak diketahui oleh masyarakat. Namun cara ini sereing digunakan masyarakat Aceh dalam pembuatan tenaruh dadeh (makanan khas Aceh). Masyarakat bisa menggoreng telur di atas panci yang telah dilapisi oleh daun pisang.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here